3 Skincare yang Wajib Digunakan Sehari-hari, Bikin Kulit Glowing

Rabu, 30 Agustus 2023 - 08:00 WIB
loading...
3 Skincare yang Wajib Digunakan Sehari-hari, Bikin Kulit Glowing
Skincare yang wajib digunakan sehari-hari, khususnya untuk wajah menjadi sangat penting bagi wanita. Foto/ perfectbeauty.
A A A
JAKARTA - Skincare yang wajib digunakan sehari-hari, khususnya untuk wajah menjadi sangat penting bagi wanita.

Namun, beberapa perempuan malas menggunakannya karena dianggap terlalu memakan waktu dan mahal. Padahal, skincare wajib hanya ada tiga macam, tidak terlalu repot penggunaannya dan tak mengeluarkan banyak uang.



“Skincare yang wajib itu hanya tiga macam saja, yang lainnya hanya buang-buang uang kamu kalau kamu tidak pakai yang tiga macam ini,” tutur dr. Kamilah Jaidi, MARS, dikutip dari YouTube dr.Kamilah Jaidi, MARS, Dipl. AAAM, Rabu (30/8/2023).

Lantas, apa saja tiga macam skincare tersebut? Berikut ini rangkuman informasinya.

Skincare yang Wajib Digunakan Sehari-hari

1. Facial wash

Facial wash atau sabun cuci muka merupakan skincare yang wajib digunakan. Facial wash berfungsi untuk menghilangkan kotoran di wajah. Penggunaan facial wash disarankan sebanyak dua kali sehari.

“Facial wash itu harus tepat memilihnya. Karena dia itu yang paling sering kamu pakai. Kamu itu akan menggunakan facial wash itu dua kali sehari. Jangan kebanyakan ya, kecuali kulit kamu super berminyak kamu bisa pakai tiga kali sehari,” ucap dr. Kamilah Jaidi.

Dalam kesempatan ini, dr. Kamilah juga mengingatkan jika facial wash sangat penting disesuaikan dengan tipe kulit. Hal ini berguna untuk menjaga kulit untuk tetap sehat.

Untuk tipe kulit berjerawat, pilih facial wash dengan kandungan tea tree oil, salicylic acid, AHA Lactic Acid. Kandungan ini mampu mengikis sel kulit mati.

Selain itu, perhatikan pula tekstur dari facial wash yang digunakan. Untuk kulit sensitif dan berjerawat, pilihlah facial wash yang tidak terlalu kasar agar jerawat tidak semakin meradang.

2. Moisturizer

Moisturizer berfungsi untuk mengurangi kadar minyak dan meningkatkan kadar air di kulit. Sehingga kulit jadi semakin lembab dan sehat.

Dalam penggunaan skincare, pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit. Untuk tipe kulit kering pilih tekstur yang lebih kental (Emollient Type) dan untuk tipe kulit berminyak pilih tekstur yang lebih cair (Humectant).

3. Sunscreen

Penggunaan basic skincare yang terakhir adalah sunscreen. Produk sunscreen dapat membantu mencegah anti aging, mengurangi kerutan di kulit, melindungi kulit dari flek hitam, serta membantu mencerahkan kulit. Untuk merasakan manfaat ini, dr. Kamilah Jaidi mengingatkan agar menggunakan sunscreen dengan tepat.



“Kalau untuk tidak berhijab, pakai di area wajah dan leher, jangan cuma wajah aja. Nanti kalau mukanya putih lehernya hitam kan malu. Kalau berhijab bisa di area muka saja,” ucap dr. Kamilah Jaidi.

Adapun jumlah yang dipakai, yakni dua jari untuk sunscreen bertekstur encer atau chemical (1 jari area wajah, 1 area leher), serta satu jari untuk sunscreen bertekstur kental.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)