Warga Tasikmalaya Akhirnya Bisa Mudik Pakai Pesawat

Jum'at, 10 Maret 2017 - 14:33 WIB
Warga Tasikmalaya Akhirnya Bisa Mudik Pakai Pesawat
Warga Tasikmalaya Akhirnya Bisa Mudik Pakai Pesawat
A A A
TASIKMALAYA - Kabar gembira buat warga Tasikmalaya dan sekitarnya. Untuk mudik tahun ini dipastikan bisa menggunakan pesawat terbang setelah dibukanya Landasan Udara (Lanud) Wiriadinata sebagai bandara komersial.

Pengoperasian ini tinggal setahap lagi karena sedang menunggu tanda tangan memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan TNI AU. Nota kesepahaman ini, kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya Aay Zaini Dahlan, sebenarnya sudah bisa ditandatangani beberapa waktu lalu.

Tapi, karena Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menjalai cuti kampanye dan terjadi perubahan pejabat di Kementerian Perhubungan dan TNI AU, revisi draf MoU jadi terhambat. "Sekarang semuanya sudah siap dan hanya tinggal menunggu waktunya saja kapan akan dilaksanakan penandatanganan MoU tersebut," ujar Aay.

Di sisi lain, Aay menjelaskan, sebenarnya tidak terlalu dirisaukan karena pengelolaan bandara saat ini dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui Kemenhub, tidak dilaksanakan oleh Pemkot Tasikmalaya ataupun Pemprov Jabar. "Yang pasti bandara akan beroperasi tahun ini dan targetnya mudik Lebaran bisa digunakan," papar Aay.

Bandara Wiriadinata sudah melalui pengujian dengan pendaratan pesawat komersial pada 17 Oktober 2016 lalu. Pesawat berjenis ATR 72-500 mendarat mulus di tempat tersebut.

Saat ini panjang landasan 1.200 meter dan akan dilakukan perpanjangan hingga 1.800 meter. Bandara ini akan mempercepat waktu tempuh Jakarta - (Bandara Halim Perdanakusuma) - Tasikmalaya menjadi satu jam perjalanan. Jauh lebih cepat dari perjalanan darat yang bisa memakan waktu lebih dari 5 jam.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan sejauh sudah tidak ada kendala lagi untuk pengoperasian bandara. Semua pihak sudah memahami dan siap bekerja sama merealisasi bandara di Bumi Priangan Timur tersebut.

"Kami berharap sebelum Lebaran Bandara Wiriadinata bisa beroperasi memberikan pelayanan transportasi udara bagi masyarakat di Tasikmalaya dan sekitarnya," ujar Budi.

Hanya ada satu kendala untuk pengembangan bandara yang disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan peninanjauan, yakni adanya tangki milik Pertamina yang lokasinya berdekatan dengan lanud dan lokasi yang berdekatan dengan bukit. (Nanang Kuswara)
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)