Perbandingan Ekonomi Negara BRICS vs G7 vs G20, Siapa Paling Menguasai?

Senin, 28 Agustus 2023 - 15:12 WIB
loading...
Perbandingan Ekonomi Negara BRICS vs G7 vs G20, Siapa Paling Menguasai?
BRICS memiliki potensi ekonomi yang diprediksi mampu mengungguli dominasi Barat. Foto/Ilustrasi/Daily Express
A A A
JAKARTA - BRICS yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China , dan Afrika Selatan kini tengah jadi pusat perhatian dunia. Kelompok negara-negara berkembang ini memiliki potensi ekonomi yang diprediksi mampu mengungguli dominasi Barat.

Menurut laman Business Standard, perkembangan BRICS secara ekonomi terjadi pada saat negara-negara Barat sedang berjuang menghadapi resesi, tekanan inflasi, ditambah dengan kenaikan suku bunga tanpa henti oleh bank seluruh dunia.

Resesi yang dialami oleh Benua Biru itu diperparah dengan invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina yang semakin menambah kesulitan bagi masyarakat Eropa. Sebab, perang telah mengakibatkan tingginya bahan pangan dan sumber daya alam.

Dari peningkatan fenomenal BRICS saat ini, tentu menarik jika dibandingkan dengan kekuatan ekonomi dari kelompok anggota G7 dan G20 .

Perbandingan Ekonomi BRICS, G7, dan G20

1. Kekuatan Ekonomi BRICS


Saat ini BRICS tengah mewakili 23% Produk Domestik Bruto (PDB) dunia dengan 42% populasi dunia. Ini memperlihatkan keinginan kelompok tersebut untuk membendung dominasi Barat.

Bahkan dalam sebuah laporan pada April 2023 lalu memperlihatkan bahwa BRICS mampu menyumbang hampir 31,5% PDB global.



Dengan jumlah tersebut, India dan China belakangan mulai digadang-gadang akan jadi pemimpin pertumbuhan ekonomi global tahun ini. Kedua negara tersebut akan berpengaruh besar untuk perekonomian Asia yang diperkirakan akan menghasilkan pertumbuhan sebesar 7% pada tahun ini.

2. Kekuatan Ekonomi G7


Pada April lalu, sejumlah media memberitakan bahwa BRICS mulai dapat mengungguli G7 dari segi PDB dunia yang dihitung berdasar paritas daya beli (PPP).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa perkembangan ekonomi BRICS dibarengi dengan kemerosotan negara-negara G7 membuat hal tersebut terjadi. Negara G7 sendiri diantaranya adalah AS, Jepang, Kanada, Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman,
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3606 seconds (0.1#10.140)