Shin Tae-yong Dituding Lempar Kata-kata Kasar kepada Wasit di Final Piala AFF U-23 2023

Minggu, 27 Agustus 2023 - 09:55 WIB
loading...
Shin Tae-yong Dituding Lempar Kata-kata Kasar kepada Wasit di Final Piala AFF U-23 2023
Shin Tae-yong Dituding Lempar Kata-kata Kasar kepada Wasit di Final Piala AFF U-23 2023
A A A
RAYONG - Momen pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong diduga mengeluarkan kata-kata kasar kepada wasit Hiroki Kasahara, yang berasal dari Jepang, selama final Piala AFF U-23 2023 melawan Vietnam, menjadi viral di media sosial.

Kejadian kontroversial ini terjadi pada injury time babak kedua. Shin Tae-yong diketahui melontarkan protes yang keras kepada wasit Kasahara, yang kemudian mengambil tindakan dengan memberikan kartu kuning kepada pelatih tersebut. Setelah pemberian kartu kuning, dugaan muncul bahwa Shin Tae-yong mengeluarkan kata-kata kasar kepada wasit.

Sejumlah netizen menganggap bahwa Shin Tae-yong mungkin mengucapkan kata-kata 'shibal saekki' atau 'shibal saekkiya', yang merupakan ungkapan umpatan dengan makna 'brengsek'.

"Yaaa shibal saekkiya," tulis salah satu netizen.

"Kata-kata 'shibal saekkiya' terdengar sangat jelas."

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap kepemimpinan wasit dalam final Piala AFF U-23 2023. Ia secara terbuka mengusulkan agar wasit asal Jepang, Hiroki Kasahara, untuk meninjau kembali rekaman video pertandingan.

Shin Tae-yong sekali lagi tidak berhasil membawa timnya meraih gelar juara. Dalam pertandingan terakhir, Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhannya hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Timnas Vietnam U-23 hingga babak perpanjangan waktu. Pada akhirnya, Timnas Indonesia U-23 kalah 5-6 dalam adu penalti melawan Timnas Vietnam U-23, yang dikenal sebagai Young Golden Star Warriors.

Pada pertandingan tersebut, Timnas Vietnam U-23 terlihat mengandalkan permainan fisik yang sering kali melibatkan tindakan menggunakan tangan untuk menjatuhkan pemain Timnas Indonesia U-23. Namun, wasit Hiroki Kasahara tampak mengabaikan tindakan ini berkali-kali. Bahkan, ada insiden di mana pemain Vietnam U-23 diduga memukul kepala Haykal Alhafiz, namun wasit tidak mengambil tindakan apa pun.

Shin Tae-yong menyatakan kekecewaannya terhadap kinerja wasit. Ia mengusulkan agar Hiroki Kasahara melihat rekaman video pertandingan untuk mengevaluasi kembali tindakan yang diambilnya selama pertandingan.

"Saya sudah menyampaikan masalah ini sebelumnya. Kinerja wasit bisa mengubah jalannya permainan. Anda (wasit) sebaiknya melihat ulang pertandingan ini," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan pada Sabtu (26/8/2023).

"Saya sangat kecewa dengan kinerja ofisial pertandingan ini dan saya merasa tidak perlu menjelaskan lebih lanjut. Anda bisa melihatnya dalam rekaman video," tambahnya.

Dalam pertandingan final ini, Timnas Indonesia U-23 harus puas keluar sebagai runner-up Piala AFF U-23 2023 usai dikalahkan Vietnam melalui babak adu penalti.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)