10 Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya dalam Islam

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 18:40 WIB
loading...
10 Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya dalam Islam
Setidaknya ada 10 nama malaikat beserta tugasnya dalam Islam. Ilustrasi: Ist
A A A
Setidaknya ada 10 nama malaikat beserta tugasnya dalam Islam. Malaikat berasal dari bahasa Arab ‘malak’ yang memiliki arti pembawa pesan, bentuk jamaknya adalah ‘malaikah’. Malaikat diyakini sebagai makhluk surgawi, diciptakan dari cahaya oleh Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim . Hadis tersebut berbunyi:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم خُلِقَتِ المَلٰئِكَةُ مِنْ نُوْرِ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجِ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ اٰدَمَ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ


Artinya: “Malaikat diciptakan dari cahaya dan Jin diciptakan dari campuran api, dan adam diciptakan dari tanah.” (HR Muslim)

Malaikat yang pernah dilihat dengan mata telanjang oleh manusia adalah malaikat Jibril. Malaikat Jibril pernah menjumpai Nabi Muhammad SAW. Hal ini diceritakan dalam Kitab Shahih Ibn Hiban. Dari sahabat Abdullah Ibnu Mas’ud, bahwa dia berkata tentang ayat ini. “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain.” ( QS. An-Najm : 13)



Rasulullah SAW bersabda, “Aku melihat Jibril di Sidratul Muntaha, ia memiliki enam ratus sayap yang berhamburan di bulunya intan dan permata dengan warna yang berbeda-beda.”

Salah satu rukun iman adalah meyakini adanya malaikat. Hal ini tertera dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 136 yang berbunyi,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا


Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa yang ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.”

Berikut ini adalah 10 nama-nama malaikat dan tugasnya dalam Islam.

1. Malaikat Jibril

Jibril bertugas menyampaikan waktu pada para rasul Allah SWT. Selain itu, Jibril juga bertugas meniupkan roh pada setiap janin yang ada pada tubuh manusia, memenuhi atau menahan tugas manusia.

Lebih jauh lagi, Jibril juga bertugas untuk membawa rahmat. Rahmat itu ditujukan kepada mereka yang senantiasa menjaga kesucian ketika tiba sakaratul maut.



2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas membagi rezeki dari Allah kepada seluruh makhluk yang ada di dunia. Selain itu, tugas Mikail adalah mengatur hujan dan angin, mengatur tanaman.

3. Malaikat Israfil

Israfil bertugas meniup sangkakala ketika hari kiamat tiba. Sangkakala adalah sejenis terompet. Malaikat Israfil akan meniupkan sangkakala beberapa kali. Setelah tiupan pertama selesai, Allah SWT akan menghidupkan kembali Malaikat Israfil. Kemudian Allah SWT akan memberikan perintah untuk meniup terompet yang kedua.

Setelah tiupan kedua, Allah SWT juga akan membangkitkan semua makhluk hidup yang sudah mati. Setelah tiupan kedua ini, terjadilah sebuah hari yang dinamakan dengan hari kebangkitan.

4. Malaikat Izrail
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)