Dongkrak Wisatawan, Layanan Imigrasi Dibuka di Pulau Moyo NTB

Rabu, 23 Agustus 2023 - 18:51 WIB
loading...
Dongkrak Wisatawan, Layanan Imigrasi Dibuka di Pulau Moyo NTB
Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Romi Yudianto menjelaskan pembukaan layanan imigrasi di Pulau Moyo, Sumbawa. Foto/Ist
A A A
MATARAM - Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) membuka layanan imigrasi di Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pelayanan keimigrasian dan pengawasan wisatawan dari luar negeri itu diharapkan meningkatkan investasi dan mendongkrak pariwisata.

Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Romi Yudianto mengatakan potensi wisata Pulau Moyo menjadi daya tarik wisatawan. Pulau yang pernah disinggahi Lady Diana ini diharapkan nantinya akan berkembang pesat seperti Labuan Bajo, Amaratua dan Gili Trawangan.



"Dengan dibukanya unitkerja pelayanan di sana, maka akan membantu meningkatkan nilai investasi dan pertumbuhan pariwisata di NTB," kata Romi di Mataram, Rabu (23/8/2023).

Romi menjelaskan unit kerja pelayanan dan pengawasan Imigrasi di Pulau Moyo merupakan cikal bakal dibangunnya Kantor Imigrasi berskala kecil. Mengingat Pulau Moyo daya jangkau ke Pulau Sumbawa terlalu jauh jarak tempuhnya. Sementara saat ini kantor layanan imigrasi berada di Kantor Imigrasi Sumbawa.

Terobosan ini merupakan bagian dari upaya jemput bola Kanwil NTB dalam memulai pelayanan dan pengawasan.

"Sejalan dengan visi Kemenkumham, dalam hal memberi pelayanan di pulau terpencil. Memberikan peluang kepada mereka sehingga orang asing merasakan kemudahan dalam pelayanan dan aman karena terawasi secara humanis," kata Romi.



Namun demikian semua itu tidak lepas dari korodinasi dengan stakeholder yang ada seperti TNI, Polri dan Dinas Pariwisata Pemda setempat.

"Itu semua demi memajukan pariwisata dan menumbuhkan investasi," sebutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)