Satgas Udara Tangkap Pelaku Pembakar 200 Ha Lahan di Riau

Rabu, 22 Februari 2017 - 20:12 WIB
Satgas Udara Tangkap Pelaku Pembakar 200 Ha Lahan di Riau
Satgas Udara Tangkap Pelaku Pembakar 200 Ha Lahan di Riau
A A A
ROKAN HILIR - Tim Pasukan Khas (Paskhas) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang tergabung dalam Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau menangkap dua orang pembakar lahan. Kedua orang tersebut diduga membakar lahan hingga kebakaran meluas dan sekitar 200 hektare lahan terbakar.

Dua orang yang ditangkap adalah Rony dan Marjan. Keduanya ditangkap di Desa Mamugo, Simpang PT Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil, Provinsi Riau pada (22/2/2017) sore.

Selain dari Paskhas, penangkapan itu juga melibatkan personel dari Polda Riau dan prajurit Lanud Pekanbaru lainnya. Keduanya langsung dibawa oleh tim dengan menggunakan Helikopter HT-3309 milik TNI AU.

"Setelah penangkapan, kedua pelaku pembakaran lahan kita bawa ke Markas Lanud Roesmin Nurjadin," kata Komandan Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, Marsekal Pertama TNI Henri Alfiandi.

Penangkapan keduanya yang merupakan warga Langkat, Provinsi Sumatera Utara ini setelah Satgas Udara memantau udara kebakaran di Rohil. Dari kebakaran itu petugas melihat sebuah gubuk di dekat kebakaran yang cukup luas.

Tim Satgas Udara kemudian terbang dengan menggunakan helikopter. Disana petugas berpencar dan berhasil menemukan dua pelaku yang sedang membakar lahan.

Pengakuan keduanya, mereka hanya disuruh oleh beberapa orang untuk membuka lahan. Saat ini nama-nama yang menyuruh membakar sudah dikantongi. "Luas lahan yang terbakar di lokasi sekira 200 hektare," ujar Komandan Lanud Roesmin Nurjadin tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1099 seconds (0.1#10.140)