Jalan Kubangan di Hutabayu Raja Bakal Dihotmix Berkualitas 8 Ton

Rabu, 22 Februari 2017 - 17:38 WIB
Jalan Kubangan di Hutabayu Raja Bakal Dihotmix Berkualitas 8 Ton
Jalan Kubangan di Hutabayu Raja Bakal Dihotmix Berkualitas 8 Ton
A A A
SIMALUNGUN - Jalan berkubang di Kecamatan Hutabayu Raja, Simalungun bakal disulap menjadi jalan beraspal hotmix dengan kualitas mampu menahan beban kenderaan 8 – 12 ton yang melintas. Hal itu menjadi instruksikan Bupati Simalungun JR Saragih saat harus turun berjalan kaki melintasinya.

JR Saragih melihat langsung kondisi Jalan Kecamatan Hutabayu yang sering dikeluhkan masyarakat di media sosial. Bersama beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan staf Pemkab Simalungun, JR Saragih memilih berjalan kaki saat melintasi beberapa ruas jalan yang sudah berkubang lumpur.

"Jalan di Hutabayu Raja Ini harus tuntas, paling lambat bulan depan sudah harus dikerjakan. Foto jalan ini," kata JR Saragih memberikan instruksi ke Kepala Dinas Pekerjaan Umum Benny Saragih di Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (22/2/2017).

JR Saragih meminta, agar perbaikannya ditingkatkan dan ditambahkan kualitas kekuatan aspalnya. Setidaknya hotmix harus berkualitas 8 hingga 12 ton agar jalan lebih bagus dan bertahan lama.

Bila perlu menurutnya kualitas jalan tersebut bukan lagi tingkat kabupaten tetapi harus menjadi jalan negara. “Sekali lagi, saya ingatkan kalau kualitas jalan tidak dinaikkan maka akan hancur," ujarnya.

Selain meningkatkan kualitas jalan, JR Saragih juga meminta agar melebarkan jalan tersebut. Saat ini jalan di Kecamatan Hutabayu Raja hanya selebar 3,5 meter. Terlalu sempit jika dilintasi mobil yang sedang berpapasan. Dalam pengerjaannya pun, dia meminta agar dilakukan dengan teliti, tidak tergesa-gesa.

Dia pun meminta dalam rencana pelebaran jalan, masyarakat Hutabayu Raja agar tidak mempermasalahkan soal lahan yang akan terpakai. Karena jalan merupakan hal penting dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Simalungun.

"Jangan diributkan soal lahan lagi. Kalau tidak ditingkatkan kualitasnya, tetap dengan kualitas 4 ton saja seperti ini, maka akan rusak lagi. Ini kebijakan dari saya, tidak usah nanti-nanti. Segera kerjakan," katanya.

Selain jalan berkubang di Kecamatan Hutabayu Raja, JR Saragih juga menemukan beberapa ruas jalan desa yang rusak parah di Nagori Mariah Hombang, Nagori Pulobayu, Nagori Pokanbaru, Silakidir, Raja Maligas I dan Raja Maligas serta Simpang Ringgol.

Kehadiran Bupati Simalungun JR Saragih untuk memperbaiki jalan langsung mendapat sambutan meriah dari masyarakat Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun yang ikut menyambut dengan sukacita.

Tarigan, warga Desa Silakidir, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun menyebutkan jika jalan tidak diperbaiki maka kondisi perekonomian warga desa pun akan terganggu.

"Alhamdulillah, jalan ini segera diperbaiki. Hidup kami ini sebagian besar mengandalkan jalan ini. Kalau jalan rusak maka perekonomian kami sulit. Terima kasih kepada Pak Bupati Simalungun JR Saragih yang sudah datang dan turun langsung ke Hutabayu Raja," kata Tarigan.

Hal yang sama juga disampaikan Sardetti Boru Situmorang yang menyebutkan dengan adanya perbaikan jalan maka akan memudahkan aktivitas keseharian masyarakat Hutabayu Raja.

"Jika jalan bagus maka peningkatan ekonomi hingga pendidikan bisa terwujud. Ini bisa memperbaiki pendapatan kami dalam mencari nafkah," ungkap Sardetti.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5730 seconds (0.1#10.140)