10 Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Syariah dan Gajinya, Banyak Dicari di Masa Depan

Senin, 21 Agustus 2023 - 10:39 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Syariah dan Gajinya, Banyak Dicari di Masa Depan
Berdirinya BSI menjadi sinyal positif bahwa ekonomi berbasis syariah sangat penting bagi ekonomi Indonesia ke depan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja dan besaran gaji lulusan Ekonomi Syariah. Penerapan syariat Islam dalam dunia bisnis saat ini terus berkembang pesat di Indonesia. Berdirinya Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi salah satu sinyal bahwa ekonomi berbasis syariah Islam begitu penting untuk masa depan perekonomian nasional.

Melihat kondisi tersebut, secara akademis jurusan Ekonomi Syariah menjadi sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dalam mengaplikasi ekonomi syariah di tanah air. Menjadi sulit terbantahkan apabila dengan melihat fakta-fakta tersebut, lulusan Ekonomi Syariah memiliki masa depan yang cerah. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 prospek kerja lulusan Ekonomi Syariah beserta estimasi gajinya.

Daftar 10 Peluang Kerja dan Estimasi Gaji Lulusan Ekonomi Syariah

1. PNS


Menjadi pegawai negeri sipil masih menjadi prospek kerja berpeluang besar di Indonesia bagi kamu yang punya ijazah S1. Penghasilan PNS setiap bulannya tetap dan akan naik setiap kali kenaikan jabatan. Selain itu, juga mendapatkan tunjangan. kamu bisa mendapatkan penghasilan setidaknya Rp3 jutaan sebulan

2. Tenaga Pengajar


Ilmu mengenai ekonomi syariah menjadi salah satu jurusan ilmu pendidikan yang saat ini banyak dibutuhkan dan tinggi peminatnya. Salah satu alasannya adalah karena karier di bidang ini sangat luas. Tidak hanya di perusahaan atau lembaga keuangan, tapi Kamu juga bisa menjadi guru atau tenaga pengajar. Minimal Rp3 juta bisa didapat setiap bulannya.

3. Ahli Ekonomi Syariah


Prinsip ekonomi Islam saat ini makin diminati untuk diterapkan di berbagai lini usaha. Oleh sebab itu, diperlukan ahli di bidang ekonomi syariah yang mengerti dengan baik bagaimana penerapan prinsip ini di perusahaan atau lembaga ekonomi lainnya. Untuk masalah penghasilan, kamu bisa mendapatkan hingga puluhan juta rupiah.


4. Staf Keuangan Syariah


Menjadi PNS memang sulit apalagi saingannya banyak. Jika kesempatan menjadi PNS kecil, kamu dapat mencoba menjadi seorang staf di perusahaan yang menerapkan prinsip keuangan syariah. Penghasilan Rp3 juta bisa didapat setiap bulannya.

5. Staf Perbankan Syariah


Prospek kerja ekonomi syariah berikutnya adalah bekerja di bidang perbankan syariah. Saat ini sudah banyak bank yang membuka layanan perbankan syariah sehingga lapangan kerja makin luas. Kamu bisa menghasilkan pendapatan setidaknya Rp3 juta per bulan.

6. Konsultan Bisnis Syariah


Penerapan syariat Islam dalam bisnis saat ini kian meningkat. Bukan hanya memerlukan staf yang bekerja di perusahaan, terkadang pihak manajemen juga bisa melakukan konsultasi dengan para konsultan bisnis syariah. Ini kesempatan kerja yang bagus dan bisa menghasilkan puluhan juta rupiah.

7. Staf Lembaga Islam


Tidak hanya di bank syariah, kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan di lembaga-lembaga berbasis syariah sebagai pengurus yang membantu perkembangan lembaga tersebut. Kamu bisa menjadi pengelola di bidang keuangan dan bidang lainnya. Untuk gaji mulai dari Rp3 juta per bulannya.

8. Staf Asuransi Syariah

Bukan hanya bisnis syariah, asuransi syariah juga memiliki banyak peminat karena dirasa lebih menguntungkan. Kamu akan mendapatkan gaji minimal Rp3 juta per bulan jika bekerja sebagai staf asuransi syariah.


9. Pialang Saham


Dunia pasar modal juga mulai menerapkan prinsip Islam sehingga memberikan kesempatan bagi lulusan ekonomi syariah untuk menjalankan bisnis di bidang ini. Untuk masalah penghasilan akan sangat tergantung dari bagaimana Kamu menjalankan bisnisnya.

10. Pengusaha


Bukan hanya bekerja pada perusahaan atau orang lain, kamu juga bisa menjadi bos untuk diri sendiri. Caranya dengan membuka usaha sendiri. Penghasilannya tentu saja akan tergantung usaha kamu sendiri.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)