3 Alasan NATO Tidak Ingin Ada Perdamaian dalam Perang Rusia-Ukraina

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 22:15 WIB
loading...
3 Alasan NATO Tidak Ingin Ada Perdamaian dalam Perang Rusia-Ukraina
NATO tidak menginginkan adanya perdamaian dalam perang Rusia-Ukraina. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) dan sekutunya yang tergabung dalam NATO tidak ingin konflik Ukraina berakhir dan prakarsa perdamaian. Itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan dalam sebuah wawancara dengan International Affairs.

Berikut adalah 3 alasan NATO tidak ingin ada perdamaian dalam perang Rusia-Ukraina.

1. Ingin Mengalahkan Rusia

3 Alasan NATO Tidak Ingin Ada Perdamaian dalam Perang Rusia-Ukraina

Foto/Sputnik

Masalah geopolitik perlu didiskusikan “bukan dengan [Presiden Ukraina Vladimir] Zelensky, yang merupakan boneka di tangan Barat, tetapi langsung dengan tuannya,” kata Lavrov pada awal tahun ini. Negosiasi langsung dengan Amerika akan masuk akal, katanya kepada majalah Urusan Internasional ketika ditanya tentang gagasan itu.

“Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa Amerika Serikat tidak berniat mengakhiri konflik,” Lavrov menjelaskan, mencatat bahwa “tujuan resmi mereka adalah untuk menimbulkan ‘kekalahan strategis’ di Rusia.”

Prospek negosiasi antara Rusia dan Barat “tidak ada pada tahap ini,” kata Lavrov, sementara Kiev “sponsor Barat terus-menerus mendorong mereka untuk menaikkan taruhan.”

2. Menunda Perdamaian untuk Mempersiapkan Militer

3 Alasan NATO Tidak Ingin Ada Perdamaian dalam Perang Rusia-Ukraina

Foto/Sputnik

Bersikeras pada apa yang disebut 'formula perdamaian' Presiden Ukraina Vladimir Zelensky pada pertemuan di Kopenhagen dan Jeddah - di mana Rusia tidak diundang - "hampir tidak menunjukkan niat Barat untuk bernegosiasi dengan Rusia," kata Lavrov. Moskow telah menolak daftar sepuluh poin tuntutan Zelensky sebagai ultimatum yang tidak dapat diterima yang tidak terkait dengan kenyataan.

Rusia telah berulang kali mencoba untuk bernegosiasi, dari perjanjian Minsk 2014 dan 2015 hingga “upaya drastis untuk menyampaikan keprihatinan kami kepada ibu kota Barat” pada Desember 2021, kata Lavrov. Barat “dengan arogan menolak” inisiatif Moskow dan malah meningkatkan pengiriman senjata dan amunisi ke Kiev.

“Kami menganggap seruan munafik orang Barat untuk melakukan pembicaraan sebagai taktik taktis untuk mengulur waktu sekali lagi memberi kelonggaran dan kesempatan kepada pasukan Ukraina yang kelelahan untuk berkumpul kembali, dan untuk mengirim lebih banyak senjata dan amunisi,” kata Lavrov, menambahkan bahwa “ini adalah jalur perang, bukan proses penyelesaian damai.”

Angela Merkel, mantan kanselir Jerman, pada Desember lalu mengakui bahwa proposal Perancis-Jerman 2015 di Minsk adalah “upaya untuk memberikan waktu kepada Ukraina” untuk membangun militernya. Hal ini kemudian ditegaskan oleh mantan Presiden Prancis Francois Hollande.

3. Menguji Kesabaran Rusia dalam Menggunakan Senjata Nuklir

3 Alasan NATO Tidak Ingin Ada Perdamaian dalam Perang Rusia-Ukraina

Foto/Sputnik

Lavrov mengatakan bahwa kepemilikan senjata nuklir melindungi Rusia dari ancaman keamanan dan Moskow terus mengingatkan Barat akan risiko untuk mencegah konflik kekuatan nuklir.

"Kepemilikan senjata nuklir saat ini adalah satu-satunya tanggapan yang mungkin untuk beberapa ancaman eksternal yang signifikan terhadap keamanan negara kita," kata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)