Intelijen AS Yakin Serangan Balasan Ukraina ke Rusia Akan Gagal

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 13:58 WIB
loading...
Intelijen AS Yakin Serangan Balasan Ukraina ke Rusia Akan Gagal
Tentara Ukraina diprediksi gagal dalam melancarkan serangan balasan ke wilayah yang diduduki Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Badan-badan intelijen AS telah membuat penilaian "suram" atas serangan balasan Ukraina yang sedang berlangsung. Mereka percaya bahwa Ukraina akan gagal terjun ke selatan menuju Semenanjung Crimea pada akhir tahun ini.

Para pejabat badan intelijen AS menyuarakan keraguan tentang misi Ukraina dalam laporan intel rahasia. Mereka yakin dengan kemampuan brutal Moskow dalam mempertahankan wilayah yang direbut sangat kuat.

Intelijen AS Yakin Serangan Balasan Ukraina ke Rusia Akan Gagal

Foto/Reuters

“Komunitas intelijen AS menilai bahwa serangan balik Ukraina akan gagal mencapai kota utama Melitopol di tenggara,” demikian laporan intelijen AS dilansir Washington Post. Mereka menambahkan bahwa Ukraina kemudian tidak akan dapat “memenuhi tujuan utamanya untuk memutuskan jembatan darat Rusia ke Krimea dalam serangan selama tahun ini. ”



Meskipun semenanjung telah berada di bawah kendali Moskow sejak penduduknya memilih untuk bergabung kembali dengan Rusia pada tahun 2014. Para pejabat Ukraina telah berulang kali berjanji untuk merebut kembali wilayah itu dengan paksa, bersikeras bahwa itu adalah wilayah kedaulatan Ukraina.

Dalam rencana Kiev untuk merebut kembali Crimea, Melitopol dilaporkan akan memainkan peran penting sebagai salah satu pusat kota terbesar di dekat pantai Laut Azov. Merebut kota dapat menawarkan area persiapan untuk serangan lebih lanjut di semenanjung itu sendiri, yang telah menjadi sasaran beberapa serangan Ukraina tahun ini.

Laporan Washington Post tampaknya menggemakan pengungkapan baru-baru ini oleh reporter investigasi Seymour Hersh. Dalam sebuah cerita yang diterbitkan sebelumnya pada hari Kamis, dia mengutip seorang pejabat intelijen AS yang tidak disebutkan namanya yang secara blak-blakan menyatakan bahwa Ukraina “tidak akan memenangkan perang.”

Intelijen AS Yakin Serangan Balasan Ukraina ke Rusia Akan Gagal

Foto/Reuters

“Ada kabar yang sampai ke [Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken] melalui [CIA] bahwa pelanggaran Ukraina tidak akan berhasil,” kata sumber Hersh. Dia menambahkan bahwa serangan itu hanyalah “pertunjukan oleh [Presiden Ukraina Vladimir] Zelensky, dan ada beberapa orang di pemerintahan yang percaya omong kosongnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)