5 Fakta Seif al-Adel, Mantan Pasukan Khusus Mesir yang Menjadi Pemimpin Al-Qaeda

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 11:30 WIB
loading...
5 Fakta Seif al-Adel, Mantan Pasukan Khusus Mesir yang Menjadi Pemimpin Al-Qaeda
Seif al-Adel, pemimpin baru Al-Qaeda, dikenal memiliki pengalaman dalam melaksanakan operasi teror di seluruh dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Seif al-Adel, mantan perwira pasukan khusus Mesir, disebut-sebut sebagai pemimpin tertinggi organisasi teroris Al-Qaeda. Dia merupakan pemimpin yang kepalanya dihargai USD10 juta.

Al Qaeda belum secara resmi menunjuk pengganti Ayman al-Zawahiri, yang diyakini telah tewas dalam serangan rudal AS di Kabul tahun lalu, memberikan pukulan bagi organisasi tersebut sejak pendirinya Osama bin Laden terbunuh pada tahun 2011.

Meskipun seorang pejabat intelijen AS mengatakan pada bulan Januari bahwa suksesi Zawahiri masih belum jelas, laporan PBB yang menilai risiko dari kelompok tersebut mengatakan: "Dalam diskusi pada bulan November dan Desember, banyak Negara Anggota berpandangan bahwa Seif al-Adel sudah beroperasi sebagai de facto dan pemimpin kelompok yang tidak terbantahkan."

Kematian Zawahiri menambah tekanan pada kelompok itu untuk memilih seorang pemimpin strategis yang dapat dengan hati-hati merencanakan operasi mematikan dan menjalankan jaringan jihad.

Berikut adalah 5 fakta tentang Seif al-Adel, pemimpin baru Al-Qaeda.

1. Mengubah Al-Qaeda sebagai Organisasi Paling Mematikan

5 Fakta Seif al-Adel, Mantan Pasukan Khusus Mesir yang Menjadi Pemimpin Al-Qaeda

Foto/Reuters

Tidak seperti pendahulunya yang terbunuh yang mempertahankan profil tinggi dengan siaran video berapi-api di seluruh dunia yang mengancam Amerika Serikat, para ahli mengatakan Adel merencanakan serangan dari bayang-bayang saat dia membantu mengubah al Qaeda menjadi kelompok militan paling mematikan di dunia.

Adel didakwa dan didakwa pada November 1998 oleh dewan juri federal AS atas perannya dalam serangan bom di kedutaan AS di Tanzania dan Kenya yang menewaskan 224 warga sipil dan melukai lebih dari 5.000 lainnya.

Ada beberapa foto dirinya, selain dari tiga foto - termasuk gambar hitam putih yang sangat serius tentang dirinya di daftar paling dicari FBI.

Di luar operasi di Afrika, kamp pelatihannya, dan kaitannya dengan pembunuhan jurnalis AS Daniel Pearl di Pakistan pada tahun 2002, menurut penyelidik AS, hanya sedikit yang diketahui tentang Adel.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Adel berbasis di Iran. Program Hadiah untuk Departemen Kehakiman AS menawarkan hingga USD10 juta untuk informasi tentang Adel, yang katanya adalah anggota "dewan kepemimpinan al Qaeda" dan mengepalai komite militer organisasi tersebut.

2. Dilindungi Iran

AS mengatakan bahwa setelah pemboman Afrika, mantan letnan kolonel tentara Mesir itu pindah ke Iran tenggara, tempat dia tinggal di bawah perlindungan Korps Pengawal Revolusi Islam negara itu.

Dia dan para pemimpin Al Qaeda lainnya ditempatkan di bawah tahanan rumah pada April 2003 oleh Iran, yang membebaskan dia dan empat orang lainnya sebagai ganti seorang diplomat Iran yang diculik di Yaman.

3. Dikenal sebagai Sosok yang Cerdas

Ali Soufan, mantan agen khusus FBI yang melacak operasi al Qaeda, menulis dalam sebuah profil yang dibawa oleh Pusat Pemberantasan Terorisme bahwa militan yang nom de guerre berarti "pedang keadilan", telah digambarkan sebagai sosok cerdas dengan wajah poker. Nama aslinya adalah Mohammad Salahuddin Zeidan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)