Video Oknum Dosen di Manado Diduga Lakukan Pungli Beredar

Kamis, 09 Februari 2017 - 22:44 WIB
Video Oknum Dosen di Manado Diduga Lakukan Pungli Beredar
Video Oknum Dosen di Manado Diduga Lakukan Pungli Beredar
A A A
MANADO - Video Oknum Dosen salah satu universitas ternama di Manado berinisial IR diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) beredar. Mahasiswa Fisip salah satu universitas ternama di Manado berinisial KI mengatakan, benar seorang dosen meminta uang. Satu mahasiswa diwajibkan memberikan uang senilai Rp50.000 hingga Rp200.000.

"Awalnya saya dimintai uang dan saya berikan Rp50.000 tapi oknum dosen tersebut meminta untuk memberikan Rp100.000," jelas dia, saat ditemui di Kampus, Kamis (9/2/2017).

Senada, mahasiswa berinisial NP menjelaskan, pungli itu sudah lama terjadi di kampus ini, itu didengar dari kakak-kakak angkatan. "Meminta uang dengan modus meminta sumbangan untuk salah satu yayasan," timpal dia.

Terpisah mahasiswa Fisip lainnya, Ignatius Jojobo mengatakan, bukan sumbangan untuk yayasan tapi untuk perbaikan nilai.

"Saya salah satu korban tapi tidak mau memberikan, karena saya tahu itu salah. Saat semester lalu akhir Desember saya dimintai uang untuk nilai B seharga Rp150.000 dan nilai A seharga Rp200.000," papar dia tanpa takut.

Sementara itu, oknum dosen IR saat dikonfirmasi membenarkan adanya uang yang diminta ke mahasiswa terkait video yang beredar.

"Uang sudah diserahkan ke salah satu yayasan, juga dari yayasan sudah berikan ucapan terima kasih. Bukti tanda terima sudah diserahkan ke Dekan Fisip," terang dia. Lanjut oknum dosen itu, membantah jika dituding memaksa dalam proses meminta sumbangan.

"Saya tidak memaksa dalam meminta sumbangan. Saat minta sumbangan saya katakan untuk disumbangkan ke salah satu yayasan," bantah dia.

Dekan Fisip salah satu universitas ternama di Manado Novie Pioh membenarkan adanya surat ucapan terima kasih dari salah satu yayasan penerima sumbangan.

"Ucapan terima kasih itu ada dari salah satu yayasan, oknum dosen juga sudah diberikan peringatan. Namun, tidak diberikan sanksi karena ada surat terima kasih dari yayasan tersebut," jelas dia.

Terkait video dugaan pungli oleh oknum dosen, Dekan Fisip itu menerangkan, video sudah dari tahun lalu dilihat dan mahasiswa juga sudah mengeluhkan hal ini.

"Tahun lalu sudah ada mahasiswa yang mengeluhkan hal ini dan oknum dosen sudah diberikan peringatan. Saya juga melarang segala bentuk sumbangan untuk diminta ke mahasiswa," pungkas dia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4963 seconds (0.1#10.140)