Belasan Tunanetra Tidak Tahu Paslon yang Bertarung di Pilkada Kota Batu

Kamis, 09 Februari 2017 - 11:24 WIB
Belasan Tunanetra Tidak Tahu Paslon yang Bertarung di Pilkada Kota Batu
Belasan Tunanetra Tidak Tahu Paslon yang Bertarung di Pilkada Kota Batu
A A A
KOTA BATU - Minimnya sosialisasi membuat belasan tunanetra di Kota Batu tidak tahu siapa saja yang akan bertarung dalam Pilkada Kota Batu pada 15 Februari 2017.

Adam Malik, ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kota Batu mengatakan, tidak ada satupun tim pasangan calon peserta Pilkada Kota Batu yang menyentuh mereka.

Karena itu, saat ada sosialisasi cara memilih pasangan calon dalam Pilkada Kota Batu yang digelar tim Relawan Demokrasi Kota Batu, Kamis (9/2/2017) ini, pihaknya sangat antusias.

Belasan anggota Pertuni Kota Batu berkumpul di panti pijat tunanetra dan antusias mengikuti sosialisasi cara memberikan hak suara.

Selain tidak banyak yang bisa membaca huruf braille, banyak dari mereka adalah pemilih pemula yang benar-benar tidak tahu tentang pilkada dan tata caranya.

Dalam sosialisasi ini, para penyandang tunanetra ini diajarkan mulai cara membaca surat suara, memilih, hingga memasukkan surat suara ke kotak suara.

Menurut Siti Muawiana dari tim Relawan Demokrasi Kota Batu, meskipun telah mendapatkan sosialisasi tata cara melakukan pemilihan dan memberikan hak suaranya, para penyandang tunanetra tersebut masih membutuhkan pendampingan relawan ataupun anggota keluarga untuk memberikan hak suaranya pada 15 Februari mendatang.

Untuk diketahui, Pilkada Kota Batu diikuti empat pasangan calon yakni Rudi-Sujono Djonet nomor urut 1, Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso nomor urut 2, Hairuddin-Hendra Angga Sonatha nomor urut 3, dan Abdul Majid-Kasmuri Idris nomor urut 4.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6914 seconds (0.1#10.140)