Delapan Peristiwa Kebakaran Beruntun di Sleman Bikin Geger Warga

Senin, 06 Februari 2017 - 18:24 WIB
Delapan Peristiwa Kebakaran Beruntun di Sleman Bikin Geger Warga
Delapan Peristiwa Kebakaran Beruntun di Sleman Bikin Geger Warga
A A A
SLEMAN - Delapan peristiwa kebakaran yang terjadi secara beruntun di wilayah Godean dan Gamping, Kabupaten Sleman, pada Minggu 5 Februari 2017 membuat geger warga. Apalagi Kapolres Sleman AKBP Burkan Rudy Satria menyebutkan, ada dugaan kebakaran tersebut sengaja dilakukan oleh seseorang.

“Dugaannya pelaku menggunakan motor. Kami masih dalami lagi identitasnya, semoga segera terungkap. Sedang motif aksi pembakaran ini masih belum bisa disimpulkan, masih didalami dan diperiksa,” katanya, Senin (6/2/2017).

Kejadian kebakaran di sejumlah rumah pada Minggu 5 Februari 2017, sejak pagi hingga malam, semula dinilai sebagai peristiwa kebakaran biasa. Namun, setelah ada empat kejadian kebakaran di wilayah Mejing, Ambarketawang, banyak yang menduga kejadian tersebut termasuk dalam aksi teror untuk mengganggu ketentraman masyarakat.

Untuk pendalaman, Tim Forensik Polres Sleman dipimpin Kasat Reskrim mendatangi ke delapan lokasi kebakaran, Senin (6/2/2017) siang. Dari lokasi kejadian Kapolres menyebut, ada kesamaan pola dalam kebakaran tersebut. Api membakar bagian gudang yang letaknya di depan atau samping rumah.

Jarak waktu antara satu kejadian kebakaran dengan kebakaran lain tidak terlalu lama. Dari keterangan sejumlah warga, sempat mencurigai adanya aktivitas orang asing berkendara sepeda motor di lokasi kejadian.

Terpisah Kapolsek Gamping Kompol Herwinedi menyebut, pihaknya saat ini masih mengumpulkan data dan keterangan dari masyarakat. Penyidik mencoba untuk membantu mengorek keterangan dari warga yang mengetahui kejadian kebakaran di empat lokasi di Gamping. “Yang laporan ke polsek baru satu. Sementara kebakarannya ada di empat lokasi,” jelasnya.

Diketahui, pada Minggu 5 Februari 2017, terjadi delapan kebakaran di wilayah Sleman, yakni empat kejadian di Kecamatan Godean dan empat kejadian di Kecamatan Gamping. Kebakaran pertama terjadi di Sidokarto, Godean, sekitar pukul 11.20 WIB. Api membakar kediaman Sosro Diharjo yang berada di Rewulu Wetan Sidokarto Godean. Di waktu dan wilayah yang sama api juga melahap bangunan toko material milik Slmaet Hartanto di wilayah Rewulu Wetan Sidokarto Godean.

Dua jam kemudian, api membakar rumah milik Suparman yang juga berada di Rewulu Wetan Sidokarto Godean. Kejadian terakhir di Godean pukul 14.00 WIB, ketika api membakar rumah kosong berbentuk joglo milik Hargo warga Wirokraman, Sidokarto Godean.

Kebakaran kembali terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, di halaman depan rumah Andri Purwadi di Mejing Lor, Ambarketawang, Gamping. Selang 30 menit kemudian, masyarakat kembali dihebohkan dengan terbakarnya gudang kayu di rumah BC Caroko sekitar 200 meter utara rumah Andri Purwadi. Kedua kebakaran tersebut tercatat terjadi di Mejinglor, Ambarketawang, Gamping.

Belum selesai, masyarakat kembali dihebohkan dengan terbakarnya gudang berisi kertas dan buku milik Putut Wiryawan di Mejing Kidul. Ambarketawang Gamping. Kebakaran keempat di Gamping terjadi sekitar pukul 17.30 WIB di gudang rosok dan kertas di Patukan, Ambarketawang, Gamping. Dari kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa dan kerugian yang disebabkan dinilai tidak banyak.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7280 seconds (0.1#10.140)