Profil Bambang Suswantono, Sosok Jenderal Bintang 3 yang Ditunjuk Jabat Irjen Kementerian ESDM

Minggu, 13 Agustus 2023 - 12:49 WIB
loading...
Profil Bambang Suswantono, Sosok Jenderal Bintang 3 yang Ditunjuk Jabat Irjen Kementerian ESDM
Letnan Jenderal TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono merupakan mantan perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL). Saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelum ditunjuk jabatan Irjen Kementerian ESDM, Bambang Suswantono tergolong memiliki karier cemerlang di militer. Data Litbang MNC Portal dikutip Minggu (13/8/2023), banyak posisi penting yang sudah ia duduki, salah satunya sebagai Komandan Paspampres.

Profil Bambang Suswantono

Bambang Suswantono adalah seorang purnawirawan TNI-AL yang kini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian ESDM. Dia diketahui lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 25 Juli 1965.

Melihat dari latar pendidikannya, Bambang merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXII/tahun 1987. Selain itu, dia juga memiliki gelar Sarjana Hukum, Magister Hukum, dan Magister Terapan (Han).



Karier cemerlang Bambang Suswantono dimulai ketika ia ditunjuk sebagai Danbrigif 3/Marinir (2011-2013). Satu tahun berselang, ia pun ditunjuk untuk mengisi jabatan Dankorsis Seskoal.

Melihat kinerjanya yang apik, ia pun dipindahtugaskan menjadi Sahli Pangkoarmabar. Namun pada awal tahun 2014, Bambang kemudian dialihtugaskan untuk menjadi Danmen AAL.

Baru berjalan beberapa bulan, Bambang ditunjuk oleh Panglima TNI untuk menjadi Wadanpaspamres. Jabatan diembannya dalam waktu yang cukup lama, mulai dari tahun 2014 hingga 2016.

Karena mempunyai pengalaman menjadi Wadanpaspamres, ia pun terpilih menjadi Danpaspamres untuk periode 2016-2017. Tetapi jabatan penting tersebut harus ditinggalkannya lantaran ia dimutasi menjadi Dankormar hingga tahun 2018.



Nama Bambang Suswantono juga tercatat pernah menjadi Aspotmar Kasal dengan masa jabatan 2018-2020. Jabatan tersebut harus berakhir lantaran ia ditugaskan untuk menjadi Danjen Akademi TNI.

Menuju masa pensiunnya, Bambang ditunjuk sebagai Irjen TNI dengan masa jabatan 2020-2023. Jabatan tersebut merupakan jabatan terakhir sebelum melenggang di Irjen Kementerian ESDM.

Di sela-sela kariernya dimiliter, jenderal TNI bintang tiga ini ternyata banyak melakukan operasi militer. Di antaranya Satgas PPRM Ambon 1999-2000, Satgas Natuna 1991, dan Satgas Yonif 7 Marinir di Nanggroe Aceh Darussalam 2004-2005.

Dari kariernya itulah Bambang Suswantono banyak memperoleh brevet penghargaan. Sebut saja Brevet Komando Hutan (Marinir), Brevet PARA Marinir, Brevet Kehormatan Anti Teror Aspek Laut, Brevet Kehormatan Intai Amfibi Marinir, Brevet Kavaleri Marinir, dan Brevet Pemburu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)