alexametrics

Pencuri dan Pembobol Kartu ATM Diciduk Polisi saat Minum Kopi

loading...
Pencuri dan Pembobol Kartu ATM Diciduk Polisi saat Minum Kopi
Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
MEDAN - Ahmad Taufiq Nasution (40) ditangkap anggota Polda Sumut, Senin (23/1/2017) karena membobol sebuah ATM.

Kasubdit III/Jahtanras Polda Sumut AKBP Faisal Napitupulu mengatakan, warga Jalan Mateorologi, Kelurahan Sampali, Kecamatan Percut Seituan ini ditangkap di rumahnya saat minum kopi.

"Pelaku diamankan tadi pagi, saat minum kopi di rumahnya. Saat ini kita sedang melakukan pengembangan untuk mencari adanya kemungkinan pelaku lainnya," kata Faisal.



Menurut Faisal, setelah ditangkap penyidik langsung menetapkannya sebagai tersangka atas dugaan pencurian kartu ATM dari seorang nasabah bernama Susi Siregar (22), warga Jalan Pertahanan, Desa Patumbak, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang.

Modus pelaku memasukkan congkel gigi pada pada lubang mesin ATM. Sehingga, korban yang merasa kebingungan langsung panik.

"Disaat kepanikan itu, tersangka datang seolah-olah melakukan transaksi dengan kartu joker. Kemudian, seolah-olah membantu korban dengan cara memaksakan kartu ATM korban ke lubang mesin. Karena tidak bisa masuk dan keluar, pelaku kemudian meminta korban untuk mencari pinset agar bisa mencongkel kartunya yang tertinggal di dalam setelah menekan tombol Accept," ujarnya.

Setelah itu, sambung dia, pelaku meminta korban untuk memasukkan personal identification number (PIN).

"Pelaku kemudian menghafal PIN korban. Lalu setelah korban berusaha mencari pinset, pelaku kemudian menukarkan kartu ATM-nya," sebutnya.

Kemudian, masih kata dia, pelaku menyuruh korban untuk pergi ke kantor cabang (kacab) bank terdekat untuk memblokir kartunya yang tertinggal di dalam.

"Waktu senggang dari mesin ATM itu lah dimanfaatkan pelaku untuk mengambil uang dari kartu korban, dengan nilai kerugian Rp24,5 juta," jelasnya.

Dari tersangka, tambah Faisal, Polisi menyita belasan kartu ATM dari berbagai bank, satu buah BPKB, congkel gigi, HP, satu unit mesin ECD biru, cincin emas dan sejumlah buku tabungan.

"
(nag)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak