Bacaan Doa Salat Jenazah Perempuan Beserta Tata Caranya

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:25 WIB
loading...
Bacaan Doa Salat Jenazah Perempuan Beserta Tata Caranya
Perbedaan salat jenazah pria dan wanita hanya pada bacaan salatnya, sedangkan tata cara yang lain semuanya sama. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bacaan doa salat jenazah perempuan beserta tata caranya ini penting diketahui umat muslim. Dalam ajaran Islam, jenazah harus terlebih dahulu dimandikan dan disalatkan sebelum akhirnya dikebumikan.

Jenazah juga akan didoakan bersama agar segala amalan baik semasa hidupnya dapat diterima oleh Allah SWT dan segala kekhilafan memperoleh ampunan dari-Nya.

Lantas bagaimana bacaan doa salat jenazah perempuan dengan tata cara dan dasar hukumnya? Dalam buku Fikih Shalat Jenazah tulisan Ustadz Ahmad Sarwat menyebut, dari Abi Umamah bin Sahl bahwa seorang sahabat Nabi SAW mengabarkannya bahwa aturan sunnah dalam salat jenazah itu adalah imam bertakbir kemudian membaca Al-Fatihah sesudah takbir yang pertama secara sirr di dalam hatinya. Kemudian bershalawat kepada Nabi Shalallahu alaihi wa sallam, menyampaikan doa khusus kepada mayit dan kemudian membaca salam. (HR.Al-Baihaqi).

Dalam pandangan mazhab As-Syafi'iyah dan Al Hanabilah, salat jenazah terdiri dari tujuh rukun. Perbedaan salat jenazah pria dan wanita hanya pada bacaan salatnya.

Bacaan Salat Jenazah Perempuan

Niat untuk Imam

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى


usholli ‘alaa haadzihil mayyitati arba’a takhbiratin fardhal kifayaati imaaman lillahi ta’alaa

Artinya: "Saya niat salat atas jenazah perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi imam karena Allah Ta’ala."

Niat untuk Makmum

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى


usholli ‘alaa haadzihil mayyitati arba’a takhbiratin fardhal kifayaati ma’muuman lillahi ta’alaa

Artinya: "Saya niat salat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala."

1. Bacaan Salat Jenazah setelah Takbir Pertama

Sebelum membaca basmallah pada Surat Al Fatihah, membaca Ta'awudz terlebih dahulu

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الَّرجِيْمِ


a'uudzubillahi minasy syaithaanirrajiim(i)

Artinya: "Aku berlindung dari syaitan yang terkutuk"

2. Bacaan Salat Jenazah setelah Takbir Kedua

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ فِى اْلعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَّجِيْدٌ


allahumma shalli 'alaa muhammadin wa 'alaa aali muhammadin kamaa shallaita 'alaa ibraahimm(a) wa 'alaa aali ibrahimm(a) wa baarik 'alaa muhammadin wa 'alaa aali muhammadin kamaa baarakta 'alaa ibraahimm(a) wa 'alaa aali ibraahimm(a) fiil'aalamiina innaka hamiidun mjiidu(un)

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

3. Bacaan Salat Jenazah setelah Takbir Ketiga

اللهم اغفر لها وارحمها وعافها واعف عنها وأكرم نزولها ووسع مدخلها واغسلها بماء وثلج وبرد ونقها من الخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس وأبدلها دارا خيرا من دارها وأهلا خيرا من أهلها وزوجا خيرا من زوجها وتهها فتنة القبر وعذاب النّار


allahumma agfirlahaa warhamhaa wa ' aafihaa waa'fu ' anhaa wa akrim nuzuulahaa wa wassi ' madkhalahaa waagsilhaa bimaa - in wa tsaljin wa baradin wa naqqihaa minal khathaayaa kamaa yunaqiits tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdil - haa daaran khairan min daarihiaa wa ahlan khairan min ahlihaa wa zaujan khairan min zaujihaa wa qihi haa fitnatal qabri wa ' adazaabannaar

Artinya: " Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah suaminya dengan suami yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

4. Bacaan Salat Jenazah setelah Takbir Keempat

اللهم لا تحرمنا أجرها ولاتفتنا بعدها


allahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa laa taftinnaa ba'dahaa

Artinya: " Ya Allah , janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya , dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya .

5. Setelah Membaca Doa Takbir Keempat, dilanjutkan membaca salam

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته


assalaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

Artinya: Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)