3 Kisah Persahabatan Raja Baldwin dan Salahuddin saat Memanasnya Perang Salib

Kamis, 10 Agustus 2023 - 05:43 WIB
loading...
3 Kisah Persahabatan Raja Baldwin dan Salahuddin saat Memanasnya Perang Salib
Salahuddin Ayyubi memiliki persahabatan dengan Raja Baldwin. Foto/Wikipedia
A A A
LONDON - Sejarah mencatat bahwa para pemimpin perang Salib ternyata membangun persahabatan dan dikenal sebagai pemimpin yang baik. Itu ditunjukkan Raja Baldwin dan Salahuddin Salahuddin Ayyubi yang dikenal sebagai sahabat.

Berikut adalah 3 kisah persahabatan antara Raja Baldwin dan Salahuddin Ayyubi.

1. Bersahabat karena Perang

Elon Harvey, peneliti perang Salid, mencatat gagasan Salahuddin dan Raja Baldwin menjadi teman buat. Dia mencatat bahwa mereka bertemu di akhir pengepungan di Alexandria pada tahun 1167, di mana kota itu dipertahankan oleh Saladin.

Setelah pertemuan yang menyenangkan di perkemahan raja, keduanya terus berkomunikasi di tahun-tahun sesudahnya.

2. Saling Berkirim Surat

Salahuddin sering berkirim surat untuk Raja Baldwin. Di dalam salah satu suratnya, Salahuddin menulis bahwa Tuhan “membuat kita melupakan bencana dengan menjaga ketertiban melalui ahli warisnya. Dia telah memberinya dua hadiah yang menyenangkan: kerajaannya dan masa mudanya. Semoga dia menikmati apa yang telah dia capai.”

Bagian terakhir menawarkan alasan yang lebih politis untuk surat tersebut: Salahuddin ingin menjaga hubungan baik dengan Baldwin yang dia miliki dengan ayahnya. Dia menulis: "Biarkan dia tahu bahwa, seperti ayahnya, dia memiliki cinta yang murni dari kita, iman yang sejati, kasih sayang yang kuat dalam hidup dan mati, dan hati yang telah dikuatkan dalam hidup ini dengan kesetiaan meskipun ada perbedaan agama. Biarkan dia merasa nyaman dengan kita dengan penuh kepercayaan dan tanpa rasa malu. Biarkan dia mengandalkan kita, sebagai anak laki-laki yang memikul beban yang dipikul ayahnya sebelumnya."

3. Mencoba Membangun Perdamaian

Sejarawan berspekulasi bahwa persahabatan antara Raja baldwin dan Salahuddin adalah upaya membangun perdamaian atau aliansi. Mereka berpikir bahwa ada upaya semacam aliansi dengan kerajaan Tentara Salib, atau setidaknya pemahaman bahwa dua negara bukanlah musuh.

Melansir karwansaraypublishers, Harvey berspekulasi bahwa Saladin ingin memberi isyarat kepada Baldwin dan istananya bahwa dia menginginkan perdamaian saat ini, dan tidak mengganggu ekspedisi militer di Suriah.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)