7 Tanda Gangguan pada Ginjal yang Harus Anda Kenali, Salah Satunya Gatal

Rabu, 09 Agustus 2023 - 11:16 WIB
loading...
7 Tanda Gangguan pada Ginjal yang Harus Anda Kenali, Salah Satunya Gatal
Ada beberapa tanda peringatan yang perlu diwaspadai karena bisa mengindikasikan adanya masalah pada ginjal. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ginjal merupakan organ penting di dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki peran vital dalam menyaring darah dari senyawa beracun dan menjaga keseimbangan cairan.

Namun, ada beberapa tanda peringatan yang perlu diwaspadai karena bisa mengindikasikan adanya masalah atau gangguan pada ginjal. Berikut adalah beberapa tanda yang harus Anda kenali, dikutip dari laman WebMD, Rabu (9/8/3023).

1. Selalu Merasa Lelah

Ginjal menyaring "limbah" dari darah dan mengirimkannya melalui urine. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dapat menumpuk. Umumnya ditandai dengan rasa lelah, lemah, atau sulit berkonsentrasi.



Ginjal memproduksi hormon untuk membuat sel darah merah. Jika hormon tersebut rendah, maka darah tidak bisa membawa oksigen untuk otak dan otot.

2. Tidur yang Buruk

Studi menunjukkan kemungkinan hubungan antara sleep apnea dan penyakit ginjal kronis, yang dari waktu ke waktu merusak organ serta dapat menyebabkan gagal ginjal. Sleep apnea bisa merusak sebagian ginjal dengan mencegah tubuh mendapatkan cukup oksigen.

3. Gatal pada Kulit

Hal ini mungkin terjadi jika ginjal tidak dapat mengeluarkan racun dan menumpuk di darah. Itu bisa menyebabkan ruam atau membuat gatal di sekujur tubuh.

Seiring waktu, ginjal mungkin tidak dapat menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh Anda, yang dapat membuat kulit kering serta gatal.

4. Wajah dan Kaki Bengkak

Ketika ginjal tidak dapat membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di dalam tubuh. Hal itu bisa menyebabkan tangan, kaki, pergelangan kaki, betis, atau wajah bengkak.

Anda mungkin melihat pembengkakan terutama di kaki, pergelangan kaki, atau bengkak di sekitar mata.


5. Kram otot

Kram di kaki dan di tempat lain bisa menjadi tanda fungsi ginjal yang buruk. Ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lain dapat mengganggu kerja otot serta saraf Anda.

6. Napas yang Bau

Ketika ginjal tidak dapat menyaring limbah, hal itu bisa menyebabkan kondisi yang disebut uremia. Ini kondisi yang bisa membuat mulut bau. Racun dalam aliran darah dapat menjadikan makanan berasa tidak enak.

7. Urine Berbusa, Cokelat, atau Berdarah

Kencing berbuih bisa menjadi tanda terlalu banyak protein yang disebut albumin. Hal ini bisa diakibatkan oleh masalah ginjal.

Begitu juga urine yang berwarna kecokelatan atau sangat pucat. Fungsi ginjal yang rusak juga dapat membuat darah bocor ke kandung kemih. Darah dalam urine bisa disebabkan oleh batu ginjal, tumor, atau infeksi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5647 seconds (0.1#10.140)