Uji Coba Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mundur Jadi September, Kemenhub Ungkap Sebabnya

Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:57 WIB
loading...
Uji Coba Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mundur Jadi September, Kemenhub Ungkap Sebabnya
Soal mundurnya jadwal uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat menjadi awal September 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ikut buka suara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Soal mundurnya jadwal uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat dari sebelumnya 18 Agustus menjadi awal September 2023, Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) ikut buka suara.



Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan, bahwa mundurnya operasional tersebut lantaran KCJB perlu memastikan berbagai aspek khususnya keselamatan, keamanan dari sisi prasarana maupun sarana.

"Dan integrasi dengan moda transportasi lain," katanya saat dihubungi, Rabu (9/8/2023).



Lebih lanjut, Adita menerangkan, juga perlu menyelesaikan proses sertifikasi operasional sesuai dengan prosedur yang berlaku. Adapun dalam hal ini pihaknya masih terus melakukan proses uji sertifikasi KCJB.

"Kami selaku regulator fokus pada upaya-upaya tersebut yang harus dapat dipenuhi oleh para stakeholders," katanya.

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China mengumumkan uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat yang awalnya direncanakan pada 18 Agustus 2023 diundur menjadi September 2023.

"Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa tersebut masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta - Bandung tanpa dikenakan biaya," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8/2023).

Eva mengungkapkan, bahwa saat ini pihaknya terus melakukan persiapan di berbagai sisi untuk memastikan program uji coba pada September 2023. Seluruh aspek akan dipersiapkan dengan baik serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan KA Cepat.

Adapun Uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dan berjalan dengan lancar. Saat ini KCIC juga terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional dapat berjalan dengan baik nantinya saat dioperasikan.

Secara paralel KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan. KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)