alexa snippet

Anggota Provost Polrestabes Semarang Gratiskan Soto Setiap Jumat

Anggota Provost Polrestabes Semarang Gratiskan Soto Setiap Jumat
Aiptu Suprapto, anggota Unit Provost Sie Propam Polrestabes Semarang bersama isteri, Emy Sulistiati, meracik soto yang disuguhkan gratis di warungnya Soto Segar Lawang Sewu Khas Semarang, Jumat (13/1/2017). FOTO KORAN SINDO/EKA SETIAWAN
A+ A-
SEMARANG - Anggota Unit Provost Sie Profesi dan Pengamanan (Propam) Polrestabes Semarang, Aiptu Suprapto (46), menggratiskan soto di warung miliknya setiap hari Jumat. Dia meniatkan berbagi rezeki kepada orang di sekitar warungnya, baik tukang becak, tukang parkir, hingga beberapa pekerja.

"Sudah setahun terakhir gratis tiap hari Jumat. Saya gratiskan 1 mangkok soto plus nasi, sate kerang, dan tempe goreng. Niatnya menyisihkan rezeki bagi yang membutuhkan," kata Suprapto saat ditemui di Warung Soto Segar Lawang Sewu miliknya, Jumat (13/1/2017).

Warung Soto Segar Lawang Sewu menyajikan menu soto Khas Semarang. Lokasinya di Jalan Simpang, Kelurahan Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Persis di sisi timur Gedung Lawang Sewu, Kawasan Tugu Muda.

Suprapto bercerita, warung miliknya sudah 10 tahun terakhir berdiri. Selain soto, warungnya menjual aneka makanan khas Jawa. Kemudian timbul semangat untuk berbagi, sehingga tercetuslah ide menggratiskan sotonya setiap Jumat. Disajikan seporsi soto plus nasi, 1 sate, dan sepotong tempe goreng yang biasanya dijual Rp12.000.

Suprapto bersama istri, Emy Sulistiati (46), dan 4 karyawannya, setiap Jumat membuatkan semangkuk soto plus nasi, sate, dan tempe, bagi orang yang datang ke warungnya. Sejak menggratiskan makan soto setiap Jumat, Suprapto mengaku, usahanya semakin terasa berkah.

"Buka jam 06.00 WIB sampai 16.00 WIB. Untuk soto gratis ini, menghabiskan satu dandang besar. Sekitar 250 mangkuk, yang datang dari berbagai kalangan. Nggak rugi, malah rezeki nambah," lanjutnya.
Emy menuturkan, beberapa pelanggannya banyak yang tidak tahu ada soto gratis setiap Jumat. Apalagi para wisatawan Lawang Sewu yang kerap mampir ke warungnya.

"Kadang rombongan datang makan soto, pas mau bayar mereka kaget, karena sotonya gratis. Akhirnya mereka mendoakan kami. Jadi dapat doanya," sambung Emy.

Salah satu pelanggan warung itu, Menik (52) pekerja di salah satu kantor di Kawasan DP Mal, mengakui sudah lama biasa makan di warung milik Suprapto. Sebab, lokasi tempat kerjanya dengan warung tersebut jaraknya dekat. "Pertama kali tahu gratis, pas mau bayar," kata dia.

Pelanggan lainnya, Murni(45) menyebut sebagai penggemar soto, rasa soto di warung milik Suprapto itu tidak kalah enak dengan warung-warung soto kenamaan lainnya di Kota Semarang dan harganya tidak menguras kantong. "Rasanya nggak kalah enak. Kalau di tempat lain, mungkin Rp25.000 sampai Rp35.000 seporsi," ujarnya.



(wib)
loading gif
Top