Pemkot Solo Siapkan Rp100 Miliar untuk Perbaikan Sekolah

Selasa, 10 Januari 2017 - 21:23 WIB
Pemkot Solo Siapkan Rp100 Miliar untuk Perbaikan Sekolah
Pemkot Solo Siapkan Rp100 Miliar untuk Perbaikan Sekolah
A A A
SOLO - Pemkot Solo menyiapkan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk program rehabilitasi puluhan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang rusak pada 2017. Dana tersebut bersumber dari APBD Kota Solo sebesar Rp52 miliar dan Dana Insentif Daerah (DID) sebanyak Rp45 miliar serta sisanya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Etty Retnowati, mengatakan, sekolah yang akan diperbaiki, antara lain SDN Panularan, SDN Danukusuman, SDN Mojo, SDN di Purwosari, SMPN 12 Solo, serta dua sekolah satu atap. Rencana program perbaikan telah disusun dan tinggal dilaksanakan. “Pembangunan fisik sedang kami genjot. Ada yang renovasi, ada juga yang membangun baru,” terangnya, Selasa (10/1/2017).

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy), mengatakan, Disdik memiliki sumber daya manusia (SDM) terbanyak di antara organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. Faktor itu menyebabkan anggaran yang dikucurkan untuk Disdik lebih besar.

Namun, dia mengakui, kebutuhan fasilitas pendidikan juga masih besar, sehingga wajar ada puluhan sekolah yang akan diperbaiki. Apalagi, sebagian besar sekolah masih terkonsentrasi di tengah dan selatan Kota Solo. Sedangkan di utara Solo masih kurang jumlahnya. “Kami tekankan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah,” tandas Rudy.

.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2624 seconds (0.1#10.140)