Prof Mega Fatimah Rosana Dikukuhkan Jadi Guru Besar Geologi Unpad

Selasa, 10 Januari 2017 - 21:06 WIB
Prof Mega Fatimah Rosana Dikukuhkan Jadi Guru Besar Geologi Unpad
Prof Mega Fatimah Rosana Dikukuhkan Jadi Guru Besar Geologi Unpad
A A A
BANDUNG - Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung mengukuhkan Prof Mega Fatimah Rosana, sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Geologi Eksplorasi pada Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran, Selasa (10/1/2017). Dalam kesempatan tersebut sebelum dilakukan pelantikan yang langsung dilakukan Rektor Unpad, Prof Tri Hanggono Achmad, Mega melakukan orasi ilmiahnya yang berjudul "Eksplorasi Sumber Daya Geologi: Eksploitasi dan Konservasi untuk Pembangunan yang Berkelanjutan".

Orasi ini berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan yang merupakan proses pembangunan yang berprinsip untuk memenuhi kebutuhan sekarang tetapi tak mengorbankan kebutuhan generasi masa depan.

Bagaimana penemuan suatu sumber daya atau deposit baru secara tradisional akan sangat bergantung pada hasil kegiatan ekplorasi yang dilakukan oleh para ahli geologi eksplorasi, yang bisa menilai berdasarkan singkapan batuan yang telah mengalami alterasi atau mineralisasi; rembesan minyak; keterdapatan mata air panas dan lainnya.

"Indonesia dikaruniai oleh potensi sumber daya yang luar biasa, akan tetapi perlu kearifan dalam mengelolanya untuk dimanfaatkan dengan benar demi kepentingan dan kemakmuran rakyat dalam mencapai pembangunan dan perekonomian yang berkelanjutan," kata Mega dalam orasi Ilmiahnya, di Unpad, Jalan Dipatiukur, Selasa (10/1/2017).
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6094 seconds (0.1#10.140)