RSU Sibolga Terapkan Sistem Antrean Pasien Berbasis Komputer

Senin, 09 Januari 2017 - 18:25 WIB
RSU Sibolga Terapkan Sistem Antrean Pasien Berbasis Komputer
RSU Sibolga Terapkan Sistem Antrean Pasien Berbasis Komputer
A A A
SIBOLGA - Rumah Sakit Umum (RSU) Ferdinan Lumbantobing (FL Tobing) Sibolga, mulai Senin (9/1/2017), resmi menerapkan sistem antrean pasien berbasis komputer di loket pendaftaran. Dengan sistem baru ini, dapat menghemat waktu pasien saat antre serta mempermudah tugas dokter poliklinik dan apotek.

Setelah penerapan sistem antrean pasien berbasis komputer, tidak terlihat lagi antrean pasien di loket pendaftaran di rumah sakit milik pemerintah tersebut. Dalam waktu kurang dari satu jam, dari pukul 07.00 WIB-08.00 WIB, pasien yang sudah terlayani lebih dari 90 orang.

“Penerapan sistem antrean ini sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Diharapkan dengan penerapan sistem baru ini akan mengurangi waktu tunggu bagi pasien di loket pendaftaran,” kata Direktur RSU FL Tobing Sibolga, Masrip Sarumpaet.

Prinsip kerja sistem antrean ini, pasien dipandu mendapatkan nomor antrean berbasis komputer. Lalu pasien menunggu sebentar dan dipanggil petugas yang akan melayani di loket. Untuk loket 1 hingga loket 4 untuk pasien lama, loket 5 untuk pasien lanjut usia (Lansia), serta loket 6 (Admisi) untuk pasien baru.

Pasien yang dipanggil akan langsung diterbitkan dan diserahkan SEP bagi pasien BPJS yang bersangkutan. Selanjutnya pasien langsung menuju poliklinik yang hendak dituju sesuai isi rujukan dari Faskes tingkat I. Dengan sistem baru ini, dalam waktu sekitar 10 menit pasien sudah terlayani di loket pendaftaran.

Beberapa pasien yang melakukan pendaftaran di RSU FL Tobing mengaku terbantu dengan sistem antrean berbasis komputer. “Biasanya antre sampai satu jam di loket pendaftaran, tapi dengan sistem baru ini, cuma 5 – 10 menit selesai,” kata Elmi Tanjung (60), seorang pasien penyakit dalam.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.6006 seconds (0.1#10.140)