10 Batu Mulia Paling Kontroversial di Dunia, Diwarnai Darah hingga Air Mata

Minggu, 06 Agustus 2023 - 15:38 WIB
loading...
10 Batu Mulia Paling Kontroversial di Dunia, Diwarnai Darah hingga Air Mata
Mahkota yang digunakan Raja Charles III dari Kerajaan Inggris menggunakan batu mulia yang kontroversial. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Batu mulia telah didambakan selama ribuan tahun — ditimbun oleh penguasa, dijarah oleh penjajah digunakan sebagai alat tawar-menawar oleh yang putus asa, dan digunakan dalam potret untuk menandakan kekayaan dan status.

Batu mulai juga diwariskan dari generasi ke generasi, memiliki sejarah yang padat dan termasyhur tentang peralihan antara sekutu dan musuh yang terkadang menambah nilai dan daya pikatnya. Tetapi banyak perhiasan paling terkenal di dunia menyembunyikan masa lalu yang kontroversial atau misterius di balik fasadnya yang berkilauan.

Berikut adalah 10 batu mulia paling kontroversial di dunia.

1. Berlian Cullinan

10 Batu Mulia Paling Kontroversial di Dunia, Diwarnai Darah hingga Air Mata

Foto/Wikipedia

Berlian terbesar yang pernah ditemukan diambil dari dinding lubang tambang dekat Pretoria di Transvaal (sekarang Afrika Selatan) dengan pisau lipat. Maka dimulailah kisah Cullinan, permata 3106 karat yang awalnya ditemukan pada tahun 1905 ketika pengawas lubang melihat sesuatu yang berkilau selama pemeriksaan rutin. Itu dinamai Thomas Cullinan, yang memiliki tambang.

Pada tahun 1907, pemerintah Transvaal setempat membeli batu tersebut—yang memiliki warna biru-putih yang spektakuler dan kejernihan yang luar biasa—dan mempersembahkannya kepada penguasa kekaisaran mereka, Raja Edward VII, sebagai hadiah untuk ulang tahunnya yang ke-66 pada tahun berikutnya. Itu melambangkan penyembuhan keretakan antara kedua negara yang terjadi setelah Perang Boer.

Batu itu dipotong menjadi lebih dari 100 bagian; sembilan batu utama diberi nama Cullinan I–IX, diberi nomor dari yang terbesar hingga yang terkecil. Mereka dianggap sebagai berlian kualitas terbaik di dunia dalam hal potongan, kejernihan, warna, dan beratnya.

Cullinan I, juga dikenal sebagai "Bintang Besar Afrika", memiliki lebih dari 530 karat dan merupakan potongan berlian tak berwarna terbesar di dunia. Ini adalah titik fokus dari Permata Mahkota Inggris, yang terletak di atas Tongkat Kerajaan dengan Salib dan dipajang di Tower of London Jewel House.

Cullinan II, juga dikenal sebagai "Lesser" atau "Second Star of Africa" memiliki berat lebih dari 317 karat dan merupakan potongan berlian terbesar kedua di dunia. Itu adalah pusat Mahkota Negara Kekaisaran, dipasang di bawah Batu Ruby Pangeran Hitam. Cullinan III dan IV dikenal sebagai "Bintang Kecil Afrika", dan Cullinan III–IX berkisar dari 94,4–4,4 karat dan diatur dalam berbagai bentuk bros, liontin, dan cincin. Mereka semua adalah bagian dari koleksi pribadi raja Inggris.


2. Mutiara La Peregrina

10 Batu Mulia Paling Kontroversial di Dunia, Diwarnai Darah hingga Air Mata

Foto/Ist

Permata lain yang kemungkinan berasal dari penjarahan, mutiara paling terkenal di dunia, La Peregrina—artinya "Peziarah" atau "Pengembara"—benar-benar telah mengembara ke seluruh dunia sejak ditemukan di Teluk Panama, kemungkinan sekitar pertengahan abad ke-16.

Asal pastinya masih belum jelas, meskipun secara umum dikatakan bahwa orang Afrika yang diperbudak menemukannya pada tahun 1513. Mutiara itu dengan cepat dibawa ke pundi-pundi Kekaisaran Spanyol, dan karena itu termasuk dalam kategori harta yang dijarah oleh penjajah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)