10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 06:22 WIB
loading...
10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan
Taktik perang Panipat menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah. Foto/Wikipedia
A A A
WASHINGTON - "Pelajari berulang kali taktik perang Alexander, Hannibal, Caesar, Gustavus Adolphus, Turenne, Eugene, dan Frederick," ungkap panglima perang Prancis Napoleon Bonaparte.

"Model diri Anda pada mereka. Ini adalah satu-satunya cara untuk menjadi kapten yang hebat, dan memperoleh rahasia seni perang. Kejeniusan Anda sendiri akan tercerahkan dan ditingkatkan dengan studi ini, dan Anda akan belajar untuk menolak semua pepatah yang asing bagi prinsip-prinsip para komandan besar ini," demikian nasihat Napoleon yang menjadi dogma bagi panglima perang di seluruh dunia.

Nasihat Napoleon menggarisbawahi sifat berulang dari taktik militer tertentu sepanjang sejarah. Itu dijelaskan sebuah buku yang ditulis pengamat militer Rob Johnson mengungkapkan 25 teknik operasional terpenting yang muncul secara konsisten dari zaman kuno hingga sekarang.

Berikut adalah 10 taktik perang terhebat dalam sejarah manusia.

1. SERANGAN KEJUTAN: HUTAN TEUTOBURG (9 Masehi)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Ist

Dilansir Daily Mail, pada 9 Masehi, Varus, gubernur Romawi di Germania, dibujuk untuk disergap oleh Arminius, seorang Jerman yang diromanisasi dan perwira unit kavaleri tambahan. Varus memimpin tiga legiun melalui Hutan Teutoburg untuk menekan pemberontakan Jerman, dan ketika 20.000 orangnya dirangkai di sepanjang garis pawai, Arminius menyerang dengan kekuatan penuh pasukan prajuritnya. Bangsa Romawi berjuang selama berhari-hari sampai mereka yang selamat membuat pertahanan terakhir di Kalkriese Hill, di utara OsnabrĂĽck saat ini.

Kekalahan Romawi bukan hanya secara fisik; itu juga psikologis. Penyergapan menuntut kesabaran dan penempatan yang hati-hati, dengan koordinasi yang tepat dari setiap lengan serang.

Suku-suku Jermanik, yang sering dianggap sebagai orang barbar yang liar, berhasil karena disiplin diri mereka dalam menunggu saat yang tepat untuk melancarkan serangan, tetapi pada akhirnya strategi mereka adalah contoh agresi yang efektif dan tersalurkan.

2. PENGEMBANGAN: OPERASI URANUS (1942)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Ist

Kemunculan tak terduga dari pasukan musuh di sayap atau dari belakang dapat merusak moral tentara, dan jika sebuah pasukan dikepung, pasokan dapat dikurangi atau diserang dari sisi mana pun.

Pada akhirnya, jika benar-benar terputus, ia harus memotong jalan keluarnya, menyerah atau berjuang sampai mati. Penyelubungan adalah contoh klasik manuver peperangan dan telah menghasilkan beberapa kemenangan paling menentukan dalam sejarah. Taktik tersebut digunakan di Stalingrad dalam Operasi Uranus, dimulai pada 19 November 1942.

Dengan Jerman ditembaki dan tidak dapat bermanuver, Soviet mengirimkan pengeboman artileri berat dari 3.500 senjata ke posisi Rumania dan Italia di kedua sisi kota, lalu melepaskan beberapa formasi lapis baja, termasuk tiga korps tank.

Mereka menggabungkan mobilitas dan kecepatan dengan daya tembak yang menghancurkan, melaju jauh di belakang garis Jerman untuk memotong dan kemudian mengalahkan seluruh tentara Jerman di Stalingrad.

3. MENGIKUTI CADANGAN: AUSTERLITZ (1805)

10 Taktik Perang Terhebat dalam Sejarah, dari Tipu Muslihat hingga Jebakan Mematikan

Foto/Wikipedia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)