5 Fakta tentang Ken Dedes, Istri Ken Arok yang Berparas Cantik

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 17:57 WIB
loading...
5 Fakta tentang Ken Dedes, Istri Ken Arok yang Berparas Cantik
Kecantikan dan kecerdasan Ken Dedes membuat banyak pria terpikat, termasuk Ken Arok. Foto/Instagram @ainusantara
A A A
JAKARTA - Ketika mendengar nama Ken Dedes pasti langsung teringat dengan Ken Arok , pendiri Kerajaan Singasari. Kisah asmara keduanya pun sudah banyak diceritakan dengan berbagai versi yang berbeda.

Ken Dedes adalah permaisuri dari Ken Arok yang berkuasa di Singasari dan Majapahit. Kecantikan dan kecerdasan Ken Dedes membuat banyak pria terpikat, termasuk Ken Arok.

Ada beberapa fakta menarik tentang Ken Dedes. Berikut lima fakta Ken Dedes yang perlu Anda ketahui.

Fakta tentang Ken Dedes

1. Istri dari Ken Arok

Menurut sejarah versi Pararaton, Ken Dedes merupakan istri dari Ken Arok, pendiri Kerajaan Singasari . Sebelumnya, Ken Dedes adalah istri dari Tunggul Ametung, penguasa Tumapel yang merupakan wilayah bawahan Kerajaan Kediri.



Ken Arok membunuh Tunggul Ametung menggunakan keris Mpu Gandring demi mendapatkan Ken Dedes dan memerdekakan Tumapel dari Kediri. Pernikahan dengan Ken Dedes merupakan pernikahan yang kedua bagi Ken Arok, setelah sebelumnya dia telah memiliki istri bernama Ken Umang.

2. Memiliki Paras yang Sangat Cantik

Ken Dedes digambarkan sebagai seorang wanita yang sangat cantik bak bidadari. Ia dikenal sebagai wanita terpandang karena berasal dari kasta Brahmana, kasta tertinggi dalam agama Hindu.

Kecantikan Ken Dedes membuat banyak laki-laki terpesona dan berambisi untuk memilikinya, seperti Ken Arok yang rela membunuh Tunggul Ametung. Ia adalah wanita yang maharupa, perwujudan kecantikan yang sempurna.

3. Terpaksa Menikah dengan Tunggul Ametung

Dikisahkan dalam buku ‘Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan’ karya Muhammad Syamsuddin, Ken Dedes merasa muak dan jijik dengan pernikahannya dengan penguasa Tumapel kala itu.

Tunggul Ametung menikahi Ken Dedes lantaran dirinya memiliki kekuasaan. Di sisi lain, Ken Dedes pun tidak punya kuasa untuk menolak paksaan dari penguasa Tumapel itu.

Selama masa pernikahannya, Ken Dedes tidak punya rasa cinta sama sekali terhadap Tunggul Ametung. Pernikahan yang dilakukan Ken Dedes bersifat terpaksa karena tidak memenuhi unsur pernikahan yang sah.


4. Memiliki Tiga Orang Anak Bersama Ken Arok

Ken Dedes memiliki tiga orang anak bersama Ken Arok, yaitu Mahisa Wonga Teleng, Panji Saprang, Agnibhaya, dan Dewi Rimbu. Sedangkan dari perkawinan pertama dengan Tunggul Ametung, Ken Dedes dikaruniai seorang putra bernama Anusapati.

Anak-anak Ken Dedes ini kemudian menjadi tokoh di Jawa. Salah satunya seperti Anusapati yang menggantikan Ken Arok sebagai raja Singasari.

5. Anak Pendeta Buddha

Ken Dedes lahir di Desa Panawijen. Desa tersebut tertulis juga di prasasti Wurandungan yang disinyalir bertahun 865 saka.

Menurut Pararaton, ia merupakan seorang putri dari pendeta Budha bernama Mpu Purwa dari Desa Panawijen. Ken Dedes memiliki kedekatan dengan sang ayah dan kerap bersemedi untuk menggulingkan kekuasaan Tunggul Ametung.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)