Melihat Tradisi Kembul Bujana di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang

Rabu, 21 Desember 2016 - 15:01 WIB
Melihat Tradisi Kembul Bujana di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang
Melihat Tradisi Kembul Bujana di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang
A A A
MAGELANG - Suasana berbeda terlihat di depan Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Rabu (21/12/2016) pagi. Di halaman tersebut, berjejer daun pisang memanjang. Nasi megono dengan urapan telur, tempe goreng, tahu goreng maupun kluban ditata berjajar di daun pisang tersebut.

Sebanyak 340 personel Kodim 0705/Magelang, yang sebelumnya melangsungkan olahraga bersama seperti sepak bola mini, tenis meja, bola voli maupun hanya menonton, berkumpul begitu ada aba-aba. Mereka kemudian duduk bersila di dekat nasi yang ditata di atas daun pisang. Mereka duduk berbaur, saling berhadap-hadapan tanpa melihat pangkat maupun jabatannya.

Tak lama kemudian terdengar aba-aba 'duduk siap', sebagaimana yang pernah dilakukan para personel di lingkungan Kodim 0705/Magelang saat menjalankan pendidikan. Mereka kemudian memanjatkan doa bersama demi keselamatan bangsa dan negara Indonesia. Berdoa bersama selesai, dilanjutkan dengan kembul bujana atau makan bersama-sama.

Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari mengatakan, kegiatan yang dilangsungkan merupakan momentum tepat pada akhir tahun.

"Kita harus menciptakan bahwa mereka tidak sendiri dalam melaksanakan tugas, namun dilakukan bersama-sama. Kita keluarga besar Kodim 0705/Magelang dalam wujud nyata di lapangan tugas beraneka ragam bisa kita kerjakan. Apa pun tugas berat, kalau kita pikul bersama-sama secara kekeluargaan saya merasa akan lebih meringankan bagi prajurit dalam tugasnya," jelas Hendra.

Menurut Hendra, filosofi kembul bujana adalah merasa senasib sepenanggungan. Walaupun pangkat berbeda, komandan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya Danramil. Sebaliknya, Danramil tidak bisa berjalan tanpa Babinsa. "Kita merupakan satu kesatuan. Untuk itu, saya tidak mau dipisah-pisahkan perwira, bintara, kita sama-sama melakukan tugas demi tercapainya tugas pokok TNI AD," katanya.

Sementara itu, salah satu anggota Kodim 0705/Magelang Serma Sakimun Sihombing mengatakan, kembul bujana yang dilangsungkan tersebut baru kali pertama. Hal tersebut sangat bagus karena bisa untuk mengakrabkan antarpersonel. "Harapan kami nantinya ke depannya bisa dilakukan kembali. Ini bisa menjadi sarana silaturahmi dan keakraban antarpersonel," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5103 seconds (0.1#10.140)