Ini Rangkaian Acara HUT RI Ke-78, 100 Persen Digelar Secara Luring

Senin, 31 Juli 2023 - 17:45 WIB
loading...
Ini Rangkaian Acara HUT RI Ke-78, 100 Persen Digelar Secara Luring
Konferensi pers terkait rangkaian Acara HUT RI ke-78 di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia ( HUT RI ) ke-78, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama menyampaikan, bahwa di 2023 ini upacara bendera, pembacaan detik-detik proklamasi dan kegiatan lainnya 100 persen diadakan secara luring.

Ia mengatakan, bahwa tahun 2023 ini mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju", yang mana tema ini merepresentasikan semangat bangsa agar terus melanjutkan perjuangan pembangunan.

"Serta berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju," dalam konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023).

Sama seperti perayaan sebelumnya, HUT RI ke-78 ini akan menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan acara, baik di Istana Negara maupun di luar daerah lainnya.



"Alhamdulillah setelah masa pandemi ini kita lebih bebas, lebih leluasa untuk merayakan bulan kemerdekaan ini," ujarnya.

Berikut rangkaian acara HUT RI ke-78

1 Agustus: Zikir dan doa kebangsaan.
14 Agustus: Penganugerahan tanda kehormatan.
15 Agustus: Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara.
16 Agustus: Pidato Presiden pada sidang tahunan MPR dan sidang DPR, DPD serta pidato penyampaian RAPBN.
17 Agustus: Upacara kehormatan dan renungan suci dini hari.
17 Agustus: Pembacaan detik-detik proklamasi dan acara penurunan bendera yang didahului dengan kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni.

"Dan saya mengajak kepada saudara-saudara semua,untuk hadir menyaksikan kemeriahan dari kirab bendera seperti di tahun-tahun sebelumnya diadakan," terangnya.

Selain itu terdapat berbagai hiburan saat HUT RI ke 78 ini, yaitu diadakannya pergelaran angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

"Kemudian dilanjutkan dengan peragaan busana berkebaya, serta pertunjukan video mapping di Monumen Nasional (Monas)," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)