Terseret Ombak Pantai Sepanjang, Wisatawan Pingsan

Selasa, 20 Desember 2016 - 05:53 WIB
Terseret Ombak Pantai Sepanjang, Wisatawan Pingsan
Terseret Ombak Pantai Sepanjang, Wisatawan Pingsan
A A A
GUNUNG KIDUL - Para wisatawan yang berkunjung di sejumlah pantai selatan di Gunungkidul masih harus benar-benar berhati-hati. Setelah kasus kecelakaan laut yang menyebakan enmpat wisatawan terseret ombak dan satu tewas, kejadian yang sama kembali terulang.

Seorang wisatawan asal Sleman harus dievakuasi setelah terseret ombak di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang Tanjungsari.

Salah satu anggota SAR Pantai Sepanjang Sumardi menuturkan, peristiwa ini berawal ketika korban yang diketahui bernama Anis Puji Astuti (49), warga Krapyak, RT 05/ 54, Ngemplak,Sleman beserta wisatawan lainnya mandi di pinggir pantai. Tiba-tiba saja ombak besar menerjang dan menggulung perempuan tersebut.

Waktu itu, Anis sempat terbawa arus ke tengah, namun tidak terlalu jauh. Anggota SAR yang ada dilokasi langsung beurusaha melakukan evakuasi.

"Dia berhasil kami evakuasi dalam keadaan pingsan. Padahal belum jauh terseret. Mungkin karena banyak minum air laut dan panik hingga dia pingsan," ungkapnya, Senin (19/12/2016).

Korban kemudian dibawa ke pos SAR untuk pertolongan pertama. Namun demikian kondisi Anis tidak kunjung membaik dan harus dilarikan ke Puskesmas Tanjungsari.

"Di Puskesmas, kondisinya berangsur pulih, dugaan kami ada riwayat jantung juga. Korban langsung dibawa keluarga untuk pemeriksaan lebih lanjut," bebernya.

Sementara, Kordinator SAR Pantai Baron Marjono mengaku tidak henti-hentinya mengingatkan para wisatawan untuk tidak bermain di laut.

Ombak besar yang terus terjadi menjadikan pinggir pantai rawan bagi wisatawan yang bermain air. "Namun karena wistawan banyak, ada yang bisa memahami himbauan, ada jugayang nekat," katanya.

Pihaknya pun menurunkan 55 personil SAR untuk memantau dan mengawasi sejumlah panti yang pengunjungnya terus ramai pada liburan kali ini.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2870 seconds (0.1#10.140)