alexa snippet

Puting Beliung Rusak Puluhan Bangunan di Jambi

Puting Beliung Rusak Puluhan Bangunan di Jambi
Salah seorang wraga melihat rumah yang rusak diterjang angin puting beliung di Kasangpudak, Kabupaten Muarojambi, Jambi.Foto/MNC Media/Nanang Fahrurozi
A+ A-
JAMBI - Sebanyak 36 bangunan yang terdiri dari rumah, tempat ibadah dan sekolah rusak diterjang angin puting beliung di Kasangpudak, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Sabtu, 17 Desember 2016 kemarin.

Puluhan bangunan yang rusak ini berada di enam rukun tetangga (RT) kampung tersebut. Salah satu pemilik rumah Budi mengatakan, hujan deras disertai angin kencang ini membuat seng atap rumahnya berterbangan hingga mengenai rumah tetangganya.

"Sekitar pukul 03.30 WIB kejadiannya. Hujannya deras sekali dan disertai petir. Kami sekeluarga tertidur pulas," kata Budi kemarin. Menurut Budi, dirinya dna keluarga terbangun setelah gemuruh angin yang kencang dan seng atap rumahnya berterbangan.

"Bagian dalam rumah juga basah semua, karena hujan deras yang terus turun," ujarnya. Angin puting beliung ini juga membuat ruang laboratorium MTs Mathali'ul Huda rusak.

"Saya mengetahuinya saat di telepon penjaga sekolah untuk datang secepatnya, karena terjadi angin puting beliung. Sengnya saja, terbang sampai sejauh 39 meter dan mengenai rumah warga," ungkap Suratman salah seorang guru di MTs tersebut.

Akibat kejadian tersebut, Plt Bupati Muarojambi Khailani didampingi Kapolres Muarojambi AKBP DK Siregar dan Dandim 0415/Batanghari Letkol TNI Denny Noviandi langsung berkunjung melihat rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung.

Dandim 0415/Batanghari Letkol TNI Denny Noviandi mengatakan, dari data yang diperoleh da enam RT di Kasangpudak ini yang dilanda angin dahsyat puting beliung, yakni RT 08, 19, 22, 42, 43 dan RT 44.

"Untuk data awal sekitar 37 rumah warga rusak, satu musala dan laboratorium MTs Mathali 'ul Huda," kata Denny Noviandi. Menurut Denny, tidak ada korban luka dan jiwa dalam kejadian tersebut.



(whb)
loading gif
Top