Populasi Harimau Tumbuh Pesat, Warga India dan Bhutan Justru Khawatir

Minggu, 30 Juli 2023 - 18:36 WIB
loading...
Populasi Harimau Tumbuh Pesat, Warga India dan Bhutan Justru Khawatir
Populasi harimau terus bertambah di India dan Bhutan. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - India dan Bhutan melaporkan peningkatan tajam populasi harimau liar mereka. Itu didasarkan pada laporan baru yang dirilis secara terpisah oleh kedua negara.

India mencatat total rata-rata 3.682 harimau - menjadikannya rumah bagi 75% harimau liar dunia. Itu diungkapkan kementerian negara untuk hutan, lingkungan, dan perubahan iklim.

Secara terpisah, Bhutan mencatat 131 harimau - naik 27% dari hitungan terakhir pada tahun 2015.

Angka-angka baru bertepatan dengan Hari Harimau Internasional.



Di India, peningkatan populasi harimau mencapai peningkatan tahunan sebesar 6%. Pertumbuhan populasi merupakan keberhasilan konservasi besar bagi India, yang menyaksikan populasi harimaunya anjlok hingga kurang dari 2.000 pada tahun 1970-an karena perburuan yang merajalela dan hilangnya habitat.

“Upaya teladan India dalam konservasi harimau dan peningkatan jumlah harimau bukan hanya statistik tetapi bukti tekad dan komitmen bangsa,” kata Menteri Negara Kehutanan, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Bhupender Yadav, dilansir BBC.

Di kerajaan kecil Bhutan di Himalaya, pertumbuhan jumlah harimau juga dirayakan.

“Ini adalah pencapaian yang signifikan dan indikasi ekosistem yang sangat sehat,” ujar Chimi Rinzin, Direktur WWF-Bhutan.

Survei populasi harimau Bhutan menemukan bukti berkembang biaknya harimau di ketinggian berbeda di negara tersebut, menunjukkan bahwa kerajaan tersebut dapat membantu pemulihan populasi regional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)