Luhut Gandeng China Bikin Desain Tata Kota IKN, Target 6 Bulan Rampung

Minggu, 30 Juli 2023 - 10:03 WIB
loading...
Luhut Gandeng China Bikin Desain Tata Kota IKN, Target 6 Bulan Rampung
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bakal menggandeng China dalam membuat desain dan detail tata kota pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bakal menggandeng China dalam membuat desain dan detail tata kota pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Sejauh ini Ia mengaku lega karena semua agenda kerjasama bilateral telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping.



Luhut mengutarakan, beberapa di antara agenda kerjasama yang disepakati yaitu pengembangan riset dan teknologi tingkat tinggi, kesehatan, dan pengembangan kawasan Kalimantan Utara.

"Paling utama adalah kerjasama Otoritas IKN dengan pemerintah kota Shenzhen yang akan berkontribusi bagi perencanaan pembangunan IKN sesuai masukan dari negara mitra kami yang lain, yaitu Uni Emirat Arab (UEA)," ujar Menko Luhut seperti dikutip dari laman instagram resmi miliknya @luhut.pandjaitan.



Lantaran itu, Luhut sepakat mengagendakan kunjungan kembali ke Shenzhen untuk perencanaan agar dalam enam bulan ke depan sudah mendapatkan desain dan detail tata kota untuk pembangunan Ibu Kota Negara Baru.

Selain itu Luhut membagikan momen menarik saat kunjungan ke China, terutama ketika Gala Dinner bersama kedua Presiden beserta ibu negara, karena suasana yang begitu bersahabat terlihat dari Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping," ucapnya.

"Keduanya bahkan sempat membahas terkait buah kesukaan Presiden yaitu durian. Saya melihat keberhasilan agenda penandatanganan beberapa agenda kerjasama dengan China semalam terjadi karena kesamaan visi dan Indonesia yang berprinsip pada kesetaraan dan keadilan untuk sama-sama memiliki peluang dalam menciptakan pembangunan yang berkelanjutan," bebernya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)