Keren! Puluhan Pendekar Unjuk Gigi dalam Pagelaran Budaya Sunda di Pelabuhanratu

Sabtu, 29 Juli 2023 - 16:17 WIB
loading...
Keren! Puluhan Pendekar Unjuk Gigi dalam Pagelaran Budaya Sunda di Pelabuhanratu
Pagelaran budaya sunda di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumio. Foto/MPI/Ilham Nugraha
A A A
SUKABUMI - Puluhan pendekar silat dari berbagai daerah berkumpul dalam sebuah pagelaran budaya Sunda yang diselenggarakan Paguyuban Padjajaran Anyar, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Acara yang menghadirkan adegan-adegan bertarung yang memukau dengan sentuhan seni bela diri khas Sunda. Dalam pagelaran ini, para pendekar menunjukkan keahlian mereka dalam seni bela diri tradisional, bahkan menarik perhatian banyak penonton.



Kegiatan ini bukan sekadar hiburan semata, tetapi juga merupakan ajang untuk melestarikan budaya Sunda dan seni bela diri melalui milangkala Paguyuban padjajaran Anyar ke 5 tahun.

Melalui pagelaran ini, generasi muda dapat melihat dan mengapresiasi keindahan dan kekayaan budaya tradisional yang menjadi identitas suatu daerah.

“Milangkala ini mengundang dari berbagai daerah ada dari banyumas, Banten, Bandung, Cianjur tiap daerah ada perwakilannya,” ujar Pendiri Paguyuban Padjajaran Anyar, Firman Nirwana Boestomi, Sabtu (29/7/2023).



Paguyuban Padjajaran Anyar, kata Firman, dengan bangga mempersembahkan pertunjukan ini sebagai upaya untuk menjaga dan mempromosikan keberagaman budaya Sunda kepada generasi penerus.

Tak hanya menampilkan adegan-adegan menarik yang dipadu dengan gerakan yang anggun dan cepat, tetapi juga ada pesan moral yang disampaikan melalui setiap tarian dan gerakan para pendekar.

"Selain dari Sunda, ada pula dari ikatan seni Betawi tenabang yang langsung hadir mengikuti pagelaran ini. Mereka menampilkan kesenian khas Betawinya. Konsep ini untuk menyatukan atau kerukunan antara budaya di Nusantara " ucap Firman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4917 seconds (0.1#10.140)