Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Gantungan Kunci di Kobar

Kamis, 27 Juli 2023 - 12:06 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Gantungan Kunci di Kobar
Relawan Srikandi Ganjar Kalteng menggelar pelatihan pembuatan gantungan kunci di Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (26/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Relawan Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan membuat gantungan kunci di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Dalam pelatihan tersebut, mereka menggandeng komunitas pemuda perempuan di Pangkalan Bun.

Korwil Srikandi Ganjar Kalteng Refa Asmianur mengatakan, pihaknya tiada henti menggelar pelatihan yang mendorong para perempuan milenial mengembangkan minat dan kreativitas mereka. Hal ini terinspirasi sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang terus memberdayakan para perempuan milenial dengan program-program dijalankannya di wilayahnya.

"Kami hadir sebagai wadah dan fasilitator untuk meningkatkan minat dan bakat perempuan milenial di Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Refa di Kafe Tepi Arut, Jalan Pangeran Antasari, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (26/7/2023).
.
Perempuan yang sedang melanjutkan studi S-2 salah satu perguruan tinggi di Palangka Raya itu menuturkan pelatihan tersebut sengaja digelar karena proses pembuatannya mudah. Bahannya berasal dari tali kur dibuat simpul hingga menjadi gantungan kunci. Tali ini juga gampang ditemukan di online shop. Selain itu, anak muda senang dengan hal-hal yang estetik.

"Proses pembuatannya lumayan mudah dan anak muda bisa mengikuti dan menjalankannya. Bahannya juga bisa didapatkan secara mudah di online shop atau pasar yang menjual bahan kriya," tandas perempuan berusia 24 tahun tersebut.

Refa berharap para peserta memanfaatkan pelatihan ini menjadi peluang usaha untuk membangkitkan UMKM. Dengan begitu tercipta industri kreatif di bidang kriya dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Kotawaringin Barat.

"Nantinya, setelah kegiatan ini, semoga perempuan milenial bisa terjun ke industri kreatif. Ini juga sebagai ide usaha untuk kaum milenial," ungkapnya.

Pelatihan tersebut sukses memikat minat para perempuan di sana. Ada sekitar 45 orang yang hadir. Mereka berharap Srikandi Ganjar terus menggelar pelatihan yang bermanfaat sehingga soft skill anak muda makin berkembang.

Mereka juga mendoakan Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029. "Para milenial di Kotawaringin Barat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka juga mengharapkan Srikandi Ganjar bisa menggelar pelatihan yang lebih menarik lagi," ucapnya.

Febryana Clorensia, peserta pelatihan, menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anak muda agar kreativitasnya di bidang kerajinan tangan meningkat. Perempuan berusia 21 tahun ini mengatakan dirinya berencana membuat bisnis gantungan kunci dari tali kur setelah mengikuti pelatihan itu.

Menurut dia, pembuatan gantungan kunci tersebut bisa menjadi awal usahanya dalam berbisnis. "Sejauh ini, saya tertarik untuk buat usaha bisnis gantungan kunci dari tali kur ini. Sebagai peluang UMKM juga," ucapnya.

Perempuan semester VII di salah satu universitas di Kalteng ini berharap Srikandi Ganjar terus memberikan stimulasi kepada generasi muda perempuan dengan pelatihan semacam ini. Tujuannya para perempuan terinspirasi membuat bisnis UMKM agar industri kreatif di wilayah ini makin maju.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)