Perintah Bobby soal Berantas Begal, Kapolda Sumut Siapkan 12 Unit Mobil Patroli Bersenjata Laras Panjang

Senin, 24 Juli 2023 - 22:25 WIB
loading...
Perintah Bobby soal Berantas Begal, Kapolda Sumut Siapkan 12 Unit Mobil Patroli Bersenjata Laras Panjang
Kapolda Sumut Irjen Agung didampingi oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution meluncurkan 12 unit mobil patroli perintis double cabin di aula Mapolda Sumut pada Senin (24/7). (Foto: dok Pemko Medan)
A A A
MEDAN - Sebagai jawaban atas keresahan masyarakat Medan dan sekitarnya yang sudah geram betul akan aksi begal sadis yang tega membunuh korbannya. Bobby Nasution meminta aparat kepolisian bertindak tegas. Ketegasan Bobby Nasution yang bahkan meminta pelaku begal sadis bila dibutuhkan harus ditembak mati agar timbulkan efek jera.

Terbaru, Kapolda Sumatera Utara yang baru saja bertugas Irjen Agung Setya Imam Effendi siap mendukung ketegasan Bobby Nasution. Tindakan tegas terukur sesuai SOP disiapkan untuk melumpuhkan aksi begal yang marak.

Hal ini disampaikan Irjen Agung yang didampingi oleh Bobby Nasution pada peluncuran 12 unit mobil patroli perintis double cabin yang dilengkapi sejumlah fitur canggih di aula Mapolda Sumut pada Senin (24/7).

Dijelaskan oleh Kapolda, setiap unit nantinya akan berpatroli 24 jam dengan memuat empat personel yang akan bertugas dua shift. Di dalam mobil tersebut, dilengkapi kamera Hi-Res, jaringan internet, koneksi terhadap empat satelit, hingga teknologi AI.

Tak hanya itu, berbagai senjata hingga laras panjang pun disiapkan di bagian belakang. Kata Kapoldasu menjawab wartawan. Jika dibutuhkan pihaknya akan melakukan tindakan terukur sesuai prosedur.

"Kita tentu saja sudah siapkan soft power maupun hard power. Di dalam mobil disiapkan senjata yang akan digunakan jika dalam keadaan diperlukan, terutama terhadap aksi kejahatan yang mengancam keselamatan masyarakat dan personil. Kita akan lakukan tindakan tegas terukur sesuai SOP yang dibutukan," tuturnya.

Masih menurut Kapolda, unit mobil patroli tersebut akan tiba dalam waktu 10-12 menit menuju lokasi aduan masyarakat yang menghubungi via sambungan 110. "Ke depannya akan kita percepat lagi karena waktu sangat berarti. Kami siap membuat Medan aman dan nyaman," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution siap mendukung dengan support data yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian. Sebab salah satu kecanggihan mobil patroli tersebut adalah koneksi langsung ke catatan sipil untuk mengetahui identitas pelaku kejahatan.

"Pemko akan mensupport apa saja yang dibutuhkan di kendaraan ini. Bahkan bukan hanya kendaraan tapi alat yang bisa mengurangi kriminalitas di Medan kita siap. Teknologi, digitalisasi hingga CCTV di Medan bisa digunakan oleh personil," tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa CCTV yang digunakan juga dapat merekam plat yg akan dicari contohnya serta membantu lewat data. Plat kendaraan yang dicurigai pelaku kejahatan bisa dilacak, dituju alur jalannya agar dikoneksikan dengan mobil patroli tersebut.

Usai sesi tanya jawab dengan wartawan, Kapoldasu dan Bobby Nasution pun mengecek mobil patroli tersebut.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3070 seconds (0.1#10.140)