Xanana Gusmao: PKB Pembela Demokrasi dan Kebhinekaan

Senin, 24 Juli 2023 - 20:20 WIB
loading...
Xanana Gusmao: PKB Pembela Demokrasi dan Kebhinekaan
Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao mengucapkan selamat atas peringatan hari lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Foto/SINDOnews
A A A
Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao mengucapkan selamat atas peringatan hari lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang puncaknya digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Minggu 23 Juli 2023.

”Merupakan kebahagiaan yang luar biasa dapat mengucapkan selamat kepada PKB pada peringatan 25 tahunnya dan merayakan kontribusi signifikan yang telah diberikan PKB untuk Indonesia dan rakyatnya,” kata Xanana dalam keteranganya, Senin (24/7/2023).

Menurut Xanana, Timor-Leste dan Indonesia terus memperkuat hubungan persahabatan dengan kerja sama di berbagai bidang, baik ekonomi, budaya, hingga politik.



Lebih lanjut Xanana berujar jika PKB punya andil bedar dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, serta hubungan harmonis antar bangsa sebagaimana diwariskan oleh sang deklarator, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

”Hubungan positif antar negara kita sebagian besar disebabkan oleh visi dan kerja keras PKB dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, dan rasa hormat antar bangsa,” ujarnya.

Xanana juga mengakui jika PKB memiliki tempat bersejarah dan penting dalam tatanan masyarakat Indonesia. Pasa saat Indonesia terdampak krisis, kata Xanana, PKB memainkan peran penting dalam transisi Indonesia menuju demokrasi yang kuat dan berkembang.

Dengan menghormati warisan dan landasan filosofis ini, PKB terus berlanjut sebagai pembela demokrasi dan sebagai penganjur reformasi, perbaikan dan pembangunan bangsa di Indonesia.



”Yang penting, PKB adalah pendukung kuat masyarakat pedesaan, perempuan dan kaum dhuafa serta tetap teguh dalam mempromosikan keberagaman dan toleransi,” tegasnya.

Tak hanya itu, Xanana juga menyebut PKB memainkan peran penting dalam mendorong rekonsiliasi dan kerja sama antara Timor-Leste dan Indonesia.

”Pada tanggal 29 Februari 2000, pendiri PKB, Yang Mulia Abdurrahman Wahid, adalah Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi negara kami setelah pemungutan suara untuk kemerdekaan,” tuturnya.

”Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada HUT ke-25 dan saya berharap partai merayakan prestasinya dengan baik dan melihat ke depan sebagai pembela demokrasi, kebhinekaan dan bangsa Indonesia,” sambungnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)