Surat Al-'Ashr Ayat 1-3 Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan

Kamis, 20 Juli 2023 - 19:54 WIB
loading...
Surat Al-Ashr Ayat 1-3 Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
Surat Al-Ashr isinya tergolong pendek terdiri 3 ayat namun fadhilahnya sangat dahsyat. Foto/dok dutaislam
A A A
Berikut ini bacaan Surat Al-'Ashr lengkap Arab, latin, terjemahan disertai keutamaan. Surat Al-'Ashr (العصر) memiliki kandungan dan keistimewaan yang sangat agung.

Isinya tergolong pendek tetapi fadhilahnya sangat dahsyat. Apalagi jika kandungannya dihayati bisa menjadi pedoman hidup bagi seorang muslim. Surat Al-'Ashr merupakan surat ke-103 dalam mushaf Al-Qur'an, terdiri 3 ayat termasuk golongan surat Makkiyyah.

Surat ini diturunkan sesudah Surat Alam Nasyrah. Dinamai Al-'Ashr (masa) diambil dari perkataan Al-'Ashr yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Dalam Tafsir ringkas Kemenag, kata Al-'Ashr berarti demi masa, waktu sore atau sholat Ashar. Allah bersumpah dengan 'waktu' agar manusia memperhatikan masa dan memanfaatkannya dengan baik.

Berikut Surat Al-'Ashr Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


وَالۡعَصۡرِۙ

Wal-'Ashr.
1. Demi masa.

اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ

Innal insaana lafii khusr.
2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian.

اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ

Illalladziina aamanuu wa 'amilush shaali haati wa tawaa sawbil haqqi wa tawaa sawbish shabr.
3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Keutamaan Membaca Surat Al-'Ashr

1. Menjadi Petunjuk Bagi Orang Beriman
Di antara keutamaan Surat Al-Ashr disebutkan oleh Imam Syafi'i. Kata beliau: "Siapa yang benar-benar memahami Surat Al-'Ashr ini cukuplah baginya menjadi petunjuk."

2. Bacaan Ketika Akan Berpisah dengan Sesam Muslim
Diriwayatkan Imam Ath-Thabrani dari Ubaidillah bin Hafsh berkata: "Ada dua laki-laki dari sahabat Rasulullah SAW, ketika keduanya bertemu maka mereka tidak akan berpisah kecuali salah satunya membaca Surat Al-'Ashr sampai ayat terakhir, lalu yang satunya memberikan salam kepada yang lain." Ini juga diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari Abu Khudzaifah.

3. Kelak Dibangkitkan dengan Wajah Bercahaya
Abi Abdullah berkata: "Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Ashr di dalam sholat sunahnya, maka Allah akan membangkitkannya di hari Kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa, dan berbahagia hingga ia masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 155)

4. Mendapat Sepuluh Kebaikan
Dalam satu riwayat disebutkan: "Barangsiapa yang membaca surat ini (Al-'Ashr), maka Allah mencatatnya sepuluh kebaikan, mengakhiri hidup dengan keadaan baik (khusnul khatimah), termasuk dalam orang-orang yang melakukan kebenaran. Dan jika dibacakan di atas harta yang dikuburkan di bawah tanah, atau disimpan, maka Allah akan menjaganya hingga pemiliknya mengeluarkannya." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 379)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)