alexametrics

Pohon Pisang Ini Bertandan 2,5 Meter

loading...
Pohon Pisang Ini Bertandan 2,5 Meter
Pohon pisang rajo sarai milik Nazwal Jali, warga Kecamatan Koto Tangah, Padang, Sumbar, tumbuh unik karena berbuah dengan tandan sepanjang 2,5 meter. Foto/MNC Media/Budi Sunandar
A+ A-
PADANG - Sebuah pohon pisang rajo sarai atau pisang manis milik Nazwal Jali, warga Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, tumbuh unik karena berbuah dengan tandan sepanjang 2,5 meter.

Tidak seperti pohon pisang kebanyakan, pohon pisang ini tergolong unik karena memiliki ribuan buah pisang yang berjejer di tandan pisang sepanjang 2,5 meter. Bahkan, jantung pisangnya pun nyaris menyentuh tanah.

Pisang ini ditanam oleh Nazwal Jali, yang kesehariannya berprofesi sebagai dosen teknik sipil di Universitas Bung Hatta, Kota Padang. Pisang unik ini merupakan pemberian salah seorang mahasiswa Nazwal Jali karena sang dosen dikenal dengan kegemarannya berkebun.



Pohon Pisang Ini Bertandan 2,5 Meter


Pohon pisang ini ditanam sejak satu tahun lalu dan baru berbuah pada tiga bulan lalu. Dari pengakuan Nazwal Jali, jantung pisang ini sebelumnya berukuran besar, tiga kali lipat dari jantung pisang pada umumnya. Lama-kelamaan, buah pisang ini terus bermunculan di tandannya hingga nyaris menyentuh tanah.

Berdasarkan pengamatan MNC Media, Senin (14/11/2016), pohon pisang ini terpaksa diikat dengan seutas tali karena tidak dapat menahan berat buah pisang yang mencapai ribuan tersebut. Rencananya, buah pisang ini dibagi-bagikan ke tetangga dan dimakan bersama jika matang nanti.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak