Sumur Amber Blitar Mulai Dibanjiri Pelaku Ritual Malam 1 Suro

Selasa, 18 Juli 2023 - 00:56 WIB
loading...
Sumur Amber Blitar Mulai Dibanjiri Pelaku Ritual Malam 1 Suro
Pemandian Sumur Amber yang ada di Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, selalu ramai dikunjungi masyarakat menjelang 1 Suro. Foto/MPI/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Tahun baru Islam 1 Muhamaram 1445 H yang juga bertepatan dengan tahun baru dalam penanggalan Jawa, 1 Suro, menjadi hari yang disakralkan. Masyarakat dari berbagai kalangan, banyak menggelar upacara ritual untuk menyambut tahun baru tersebut.



Ritual menyambut 1 Suro tersebut, salah satunya terlihat di pemandian mata air Sumur Amber, Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Banyak warga yang mulai berdatangan di Sumur Amber, untuk menggelar ritual menyambut 1 Suro.



Salah satu warga yang turut hadir di Sumur Amber, adalah Bagus Gimbal (32). Warga Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar tersebut, datang ke Sumur Amber bersama istrinya. Mereka melaksanakan ritual mandi besar di Sumur Amber Kandangan, yang selalu rutin dilaksanakan pada 1 Suro.



"Sudah dua tahun terakhir ini, yang mengeramasi rambut gimbal ini istri saya," tutur Bagus, yang mengaku baru dua tahun menikah, Senin (17/7/2023). Pemandian Sumur Amber Kandangan, merupakan sebuah sumber mata air besar. Lokasi air yang mengalir deras itu berada di bawah dua pohon beringin tua.

Dalam dua tahun terakhir ini, pemandian alam itu telah disulap menjadi wisata desa. Mereka yang datang berasal dari mana-mana. Begitu juga dengan Bagus Gimbal yang merupakan pegiat komunitas scooter (vespa).

Selain istrinya, ia juga mengajak beberapa temannya. Bagus mengaku baru saja melakukan touring dari pulau Sulawesi. "Yang ikut saya ajak ke pemandian Sumur Amber Kandangan, teman dari Purbalingga, Jawa Tengah, dan Kalimantan," terangnya.

Sumur Amber Blitar Mulai Dibanjiri Pelaku Ritual Malam 1 Suro
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)