alexametrics

Kunjungi Prambanan Putri Raja Bhumibol Dikawal Tentara Thailand

loading...
Kunjungi Prambanan Putri Raja Bhumibol Dikawal Tentara Thailand
Mengenakan baju hitam dan dikawal rombongan tentara Thailand putri Raja Bhumibol, Maha Chakri Sirindhorn berulangkali mengambil foto-foto beragam relief serta kemegahan Candi Prambanan saat berkunjung ke candi tersebut. Foto/Okezone/Danang P
A+ A-
YOGYAKARTA - Putri mendiang Raja Bhumibol Adulyadej, Maha Chakri Sirindhorn terlihat asik dengan kamera yang dibawanya saat melakukan kunjungan ke objek wisata heritage, Candi Prambanan. Mengenakan baju hitam dan dikawal rombongan tentara Thailand dia berulangkali mengambil foto-foto beragam relief serta kemegahan Candi Prambanan.

Tiba di area candi, sang putri bersama rombongan tentara Thailand langsung melakukan foto bersama di depan pintu masuk dengan latar belakang Candi Prambanan. Wisatawan yang sudah berada di zona II harus menunggu sejenak untuk masuk zona I Candi Prambanan karena dijaga petugas keamanan dari Paspamres dan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta.

Usai foto bersama, Putri Kerajaan Thailand yang merupakan dosen sejarah di negara gajah putih itu melihat prasasti yang berada disamping kanan pintu masuk. Dia mendapat pencerahan dari guide lokal, Topo Wibowo terkait prasasti yang diresmikan Wakil Presiden Boedino kala itu.



Saat itulah, wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan diperbolehkan masuk zona I. Setelah mendapat penjelasan dari guide lokal tersebut, Putri Kerajaan Thailand bersama rombongan menuju zona I area Candi Prambanan berbaur dengan wisatawan yang tengah berkunjung.

"Saya sampaikan disini ada 240 candi. Tiga candi utama itu Brahma, Wisnu, dan Siwa. Beliau menanyakan Brahma itu apa, saya katanya sebagai pencipta, kemudian Wisnu pemelihara dan Shiwa yang melebur dan menciptakan kembali," kata Topo yang menyampaikan dengan Bahasa Inggris, bukan Bahasa Thailand, Kamis (10/11/2016).

Saat berada di zona I area candi, Putri Kerajaan Thailand itu mengamati secara detail relief dan ukiran yang menempet di dinding batu candi. Bahkan, dia sempat naik tangga batu salah satu candi yang terdapat patung Roro Jonggrang. Usai melihat Patung Jonggrang, Putri Kerajaan Thailand kembali berkeliling area candi.

Direktur Marketing dan Layanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Ricky Siahaan mengatakan sang putri pernah berkunjung ke Candi Prambanan 23 tahun lalu. Sang putri mengapresiasi pemerintah Indonesia yang telah merawat dan memelihara candi peninggalan agama Hindu tersebut.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak