11 Penambang Masih Tertimbun, Evakuasi Terkendala Cuaca

Rabu, 26 Oktober 2016 - 06:54 WIB
11 Penambang Masih Tertimbun, Evakuasi Terkendala Cuaca
11 Penambang Masih Tertimbun, Evakuasi Terkendala Cuaca
A A A
JAMBI - Sebelas warga Dusun Nilo Dingin, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi yang tertimbun di lokasi tambang emas tanpa izin (PETI) di Desa Sei Macang, Kecamatan Pembarap belum ditemukan. Mereka masih terjebak di dalam lubang sedalam 50 meter.

Aparat gabungan TNI-Polri berusaha untuk mengevakuasi korban dengan cara melakukan penyedotan air yang menggenangi lubang tersebut dengan menggunakan enam mesin pompa air. Usaha ini sulit karena debit air yang cukup tinggi dan hujan yang mengguyur lokasi.

Salah satu warga setempat yang enggan disebut namanya pesimistis jika sebelas korban dapat dievakuasi petugas."Saya kira korban bakal susah dievakuasi, hal ini bukan tanpa sebab karena di dalam lubang itu juga masih ada lagi cabangnya yang kedalamannya bisa mencapai ratusan meter, belum lagi kondisinya di dalam lubang itu naik turun dan lebarnya hanya sebadan manusia," katanya, Selasa 22 Oktober 2016 malam.

Kapolres Merangin AKBP Munggaran saat ditemui di lokasi mengatakan tim gabungan berusaha maksimal untuk mengevakuasi korban. "Korban masih dalam lubang, kita akan usaha maksimal. Saat ini ada enam pompa milik warga yang kita gunakan untuk menyedot air. Alat ini saya pandang masih kurang melihat debit air yang tinggi. Kendala utama saat ini adalah cuaca yang kurang bersahabat, ditambah lubang tambang yang sempit dan bercabang," kata Munggaran.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3140 seconds (0.1#10.140)