Simak! Pemkot Solo Buka Layanan Shuttle Bus Wisata, Ini Rutenya

Senin, 10 Juli 2023 - 14:04 WIB
loading...
Simak! Pemkot Solo Buka Layanan Shuttle Bus Wisata, Ini Rutenya
Dishub Kota Solo membuka layanan shuttle bus Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Solo Safari pada Senin (10/7/2023). Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Dinas Perhubungan Kota Solo membuka layanan shuttle bus Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Solo Safari pada Senin (10/7/2023). Rute-rute lain akan dibuka secara bertahap.

Kadishub Solo Taufiq Muhammad mengatakan, layanan shuttle bus diterapkan Pemerintah Kota Solo (Pemkot) mengingat belum adanya layanan moda transportasi massal dengan tujuan lokasi-lokasi wisata yang ada di Kota Solo.

”Makanya kemarin kami ajukan SKB Wali Kota kelengkapan jaringan trayek untuk shuttle,” kata Taufiq kepada wartawan di Terminal Tirtonadi Solo, Senin (10/7/2023).



Layanan ini mulai beroperasi di Terminal Tirtonadi Solo mulai pukul 08.00 WIB – 22.00 WIB dengan tarif sementara yang dikenakan sebesar Rp4.000. Ke depan akan ada 3 rute shuttle bus yang beroperasi secara looping (pengulangan).

Adapun rutenya meliputi:

- Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Museum Sains-Solo Safari (rute 1).

- Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Pura Mangkunegaran-Vastenburg-Keraton Kasunanan-Pasar Klewer-Pura Mangkunegaran-Terminal Tirtonadi (rute2).

- Terminal Tirtonadi-Taman Balekambang-Lokananta- Kampung Batik Laweyan (rute 3).

”Kalau yang 2 dan 3 masih dalam persiapan. Belum jadi semuanya, tapi yang sudah dilauchingkan yang rute 1,” ungkapnya.



Diharapkan layanan yang dibuka Pemkot Solo ini bisa menanggulangi kurangnya lahan parkir yang tersedia di Kota Solo. Taufiq berharap lokasi parkir para wisatawan terpusat di dua lokasi yakni, Terminal Tirtonadi dan Pedaringan.

”Total 20 bus yang kami ajukan. Sementara ini baru 10. Kapasitas sekitar 30-an orang,” jelasnya.

Taufiq menambahkan, guna menghindari gesekan dengan para tukang ojek Masjid Seikh Zayed, pihaknya menerapkan sintem kolaborasi.

Para tukang ojek ini diberikan tempat mangkal di Timur Terminal Tirtonadi dan waktu mengangkut penumpang mulai pukul 20.00 WIB. ”Tukan ojek kami ajak berkolaborasi bareng untuk mendukung Solo menjadi destinasi wisata,” tutupnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)