Libur Sekolah, Pengunjung Taman Safari Naik 50 Persen

Rabu, 05 Juli 2023 - 09:25 WIB
loading...
Libur Sekolah, Pengunjung Taman Safari Naik 50 Persen
Pengunjung Taman Safari naik selama musim libur sekolah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Libur sekolah yang berlangsung sekitar dua pekan menjadi momentum emas bagi pengelola destinasi wisata untuk mendongkrak kunjungan. Wisata berbasis konservasi menjadi salah satu pilihan tepat untuk segmen pasar keluarga.



Peningkatan kunjungan wisatawan selama libur sekolah yang dimulai sejak 26 Juni juga terjadi di tempat rekreasi sekaligus kawasan konservasi milik Taman Safari Indonesia (TSI). Salah satunya di Taman Safari Bogor di Cisarua, Jawa Barat.

VP Media and Event Taman Safari Alexander Zulkarnain mengungkapkan, kapasitas pengunjung Taman Safari Bogor mencapai 15.000 orang namun saat musim liburan bisa membeludak hingga sekitar 20.000 orang per hari yang keluar-masuk silih berganti.

“Saat musim libur peningkatan kunjungan bisa sampai 50% dari hari biasa. Apalagi kemarin saat long weekend Iduladha, walaupun ada info jalur ke puncak ditutup tapi tidak mengurangi antusiasme orang untuk berkunjung,” ujarnya kepada media, dikutip Rabu (5/7/2023).

Menurut dia, membeludaknya pengunjung juga telah diantisipasi dengan persiapan yang telah dilakukan jauh hari, baik dari aspek fasilitas maupun sumber daya manusia (SDM) yang melayani pengunjung.

“Kami juga siapkan paket khusus liburan saat musim libur sekolah, di mana setiap lokasi TSI dan unit bisnis bisa berbeda-beda paket yang ditawarkan. Harga tiket masuknya masih sama dengan hari biasa,” bebernya.

Untuk diketahui, selain Taman Safari Bogor di Cisarua sebagai kawasan konservasi satwa pertama yang dibangun pada 1986, TSI juga terdapat di lima lokasi lainnya. Lima lokasi tersebut yaitu Taman Safari Indonesia Jawa Timur di Prigen Pasuruan, Bali Safari Marine Park, Central Java Safari Beach di Batang, Jakarta Aquarium & Safari di Jakarta, dan franchise terbaru Solo Safari di Surakarta.

“Solo Safari yang baru soft launching pada akhir 2022 juga luar biasa antusiasme pengunjungnya. Waktu libur Lebaran lalu pengunjungnya membludak mencapai 12.000 orang,” ungkapnya.

Seiring menggeliatnya kembali pariwisata pascapandemi, pihaknya juga membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)