alexametrics

Warga Poso Protes Luwuk Jadi Ibukota DOB Sulawesi Timur

loading...
Warga Poso Protes Luwuk Jadi Ibukota DOB Sulawesi Timur
Sekitar 500 warga Poso dari Forum Sintuwu Raya melakukan aksi unjuk rasa Kamis (6/10/2016) menolak keputusan DPRD Sulawesi Tengah yang menetapkan Luwuk sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Timur. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
POSO - Sekitar 500 warga Poso dari Forum Sintuwu Raya melakukan aksi unjuk rasa Kamis (6/10/2016) menolak keputusan DPRD Sulawesi Tengah yang menetapkan Luwuk sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Timur. Aksi massa tersebut diwarnai pembakaran ban bekas.

Aksi warga ini dilatar belakangi keputusan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sulawesi Timur dengan menetapkan Luwuk sebagai ibukota provinsi.

Warga menolak keras hal ini karena telah memperjuangkan Poso sejak 2011 untuk menjadi Ibukota Provinsi Sulawesi Timur. Kekecewaan warga Poso terlebih setelah tarik menarik posisi ibukota justru dalam sidang paripurna DPRD Sulawesi Tengah pada 31 Agustus 2016 berujung pada keputusan menjadikan Luwuk yang saat ini merupakan Ibukota Kabupaten Banggai sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Timur. Sedangkan Poso justru dikeluarkan dari DOB Sulawesi Timur.



Dalam orasi yang disampaikan di Gedung DPRD Poso dan di Kantor Bupati Poso massa mendesak agar keputusan DPRD Sulawesi Tengah itu dibatalkan karena dinilai cacat hukum dan syarat kepentingan. Mereka mendesak agar Poso dijadikan Ibukota Provinsi Sulawesi Timur

Dalam aksi yang digelar sejak pukul 09.00 Wita itu, massa juga meminta keseriusan DPRD Poso dan Pemerintah Kabupaten Poso untuk memastikan Poso dapat menjadi Ibukota Provinsi Sulawesi Timur.

Sementara pihak DPRD Poso dan Pemerintah Kabupaten Poso menyatakan dukungan terhadap upaya menjadi Poso sebagai Ibukota Sulawesi Timur.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak