Miliki SDM dan Infrastruktur, Kemenkominfo Optimis Smart City Berhasil Diterapkan Pemko Siantar

Rabu, 05 Juli 2023 - 21:27 WIB
loading...
Miliki SDM dan Infrastruktur, Kemenkominfo Optimis Smart City Berhasil Diterapkan Pemko Siantar
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI telah menggelar bimbingan teknis penyusunan master plan Smart City di Kota Pematang Siantar selama dua hari, Senin-Selasa (3-4/7/2023).
A A A
KOTA PEMATANG SIANTAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI telah menggelar bimbingan teknis penyusunan master plan Smart City di Kota Pematang Siantar selama dua hari, Senin-Selasa (3-4/7/2023). Beranjak dari kegiatan ini, tinggi harapan bahwa Kota Siantar menjadi salah satu kota pintar terbaik di Indonesia.

Wing Wahyu Winarno, Tenaga Ahli Kemenkominfo RI, yang memberikan bimbingan kepada perwakilan organisasi perangkat daerah dan satuan pemerintahan bawahan seperti camat dan lurah, mengatakan bahwa Siantar sudah memiliki kualitas SDM masyarakat yang maju dan mayoritas melek teknologi.

Belum lagi sarana prasarana dasar yang disediakan oleh pemerintah kota seperti adanya Internet WIFI di beberapa titik dan pengawasan CCTV di beberapa kawasan lalu lintas, sistem pemerintahan berbasis elektronik, yang kesemuanya sudah menjadi modal besar dalam menuju Smart City.

Miliki SDM dan Infrastruktur, Kemenkominfo Optimis Smart City Berhasil Diterapkan Pemko Siantar


"Kalau dari kondisi umum-nya, di mana saya sebelumnya sudah mengunjungi kota-kota lainnya di Kalimantan menemukan bahwa Kota Siantar ini sudah kota dan relatif sudah lebih maju ya. Internet sudah lancar, hotel cukup banyak. Siantar adalah 3 kota dari 50 kota yang akan mewujudkan smart city di Indonesia," kata Wing Wahyu Winarno.

Dosen UGM ini mengatakan penerapan smart city di Siantar harusnya tak sulit diterima oleh masyarakat yang sudah awam dengan gadget. Apalagi mulai dari Lurah, Camat dan OPD Pemko Pematang Siantar sangat antusias dengan bagaimana memecahkan masalah dengan adanya Smart City.

"Smart city ini harusnya bisa diterapkan lebih gampang dan lebih cepat (diterima)," katanya.

Wing Wahyu Winarno menyampaikan bahwa dengan kondisi bahwa manusia tak akan lepas dari teknologi digital saat ini, tentu penerapan teknologi adalah hal yang wajib disesuaikan oleh pemerintah kota. Sehingga kebijakan pemerintah bisa efektif dan efisien dan mengena kepada kebutuhan masyarakat.

Wing juga mengatakan penerapan Smart City ini tak bisa ujug-ujug langsung jadi. Alasannya, pemerintah punya pekerjaan rumah untuk mewujudkan beberapa aspek Smart City seperti Smart Branding, Smart Economy, Smart Governance, Smart Environment, Smart Living dan Smart Society.

"Kita akan mencari kebutuhan masyarakat Siantar itu apasih? Misalnya kalau dalam dimensi Smart Branding, saat ini Siantar kan punya tagline Destinasi Yes, Transit No, nah apa yang dilakukan dalam membentuk branding Siantar ini," kata Wing.
Miliki SDM dan Infrastruktur, Kemenkominfo Optimis Smart City Berhasil Diterapkan Pemko Siantar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)