Sejak November, 5 Sapi di Semanu Gunungkidul Mati Karena Antraks

Rabu, 05 Juli 2023 - 07:33 WIB
loading...
Sejak November, 5 Sapi di Semanu Gunungkidul Mati Karena Antraks
Kasus penularan antraks dari hewan ke manusia kembali terjadi di Kabupaten Gunungkidul yang menyebabkan 85 orang positif antraks dan satu orang meninggal dunia. Foto/Ilustrasi/Dok
A A A
GUNUNGKIDUL - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul menyebut laporan pertama antraks pada sapi sudah terjadi di bulan November 2022 lalu. Dan hingga Juni kemarin mereka mencatat ada 5 kasus sapi yang positif dan meninggal.

Kepala DPKH Gunungkidul Wibawanti Wulandari mengatakan, 5 sapi tersebut semuanya berasal dari Kapanewon Semanu. Sejumlah langkah telah dilakukan untuk meminimalisir penyebaran termasuk juga penularan ke manusia.

”Sejak kasus tersebut muncul kami telah melakukan pengetatan pergerakan sapi di Semanu,” kata Wibawanti dalam keterangannya, Rabu (5/7/2023).



Karena muncul kasus antraks di Semanu, maka pihaknya telah melakukan pembatasan lalu lintas ternak di Kapanewon Semanu. Langkah ini mereka lakukan untuk mencegah penularan penyakit antraks ini.

Pihaknya juga mengusahakan maksimal antraks ini tidak sampai menyebar ke kapanewon lain sampai benar-benar zero kasus. Pengetatan pergerakan sapi ini mereka lakukan baik yang masuk ataupun ke luar Semanu.

”Sapi yang bergejala antraks juga sudah ditangani. Kami langsung memberikan antibiotik dan vaksin,” tambahnya.

Lurah yang warganya meninggal karena terpapar antraks mengakui ada warganya yang meninggal karena terpapar antraks. Namun berdasarkan penelusuran dari kelurahan, yang bersangkutan mengkonsumsi daging sapi sudah cukup lama yaitu akhir tahun lalu.



Dan persoalan antraks sudah ia serahkan ke pemerintah daerah. meminta agar semuanya dilakukan dengan hati-hati. Karena persoalan sapi ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan juga ekonomi masyarakat.

Menurutnya, persoalan ternak ini memang sangat sensitif karena hampir semua masyarakatnya memiliki hewan peliharaan. Karena sapi ataupun kambing merupakan salah satu tabungan dari masyarakat.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)