Petugas Taman Nasional Sterilkan Lautan Pasir Bromo dari Wisatawan

Senin, 26 September 2016 - 13:33 WIB
Petugas Taman Nasional Sterilkan Lautan Pasir Bromo dari Wisatawan
Petugas Taman Nasional Sterilkan Lautan Pasir Bromo dari Wisatawan
A A A
PROBOLINGGO - Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyeterilkan wisawatan dari kawasan lautan pasir Bromo atau radius 2,5 kilometer dari puncak kawah aktif Bromo.

Kepala Bidang Pengelolaan Wilayah I Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Fariana Prabandari saat dihubungi menginformasikan, wisatawan yang sudah terlanjur masuk ke kawasan Bromo mulai dini hari tadi sudah diimbau untuk tidak di lautan pasir (Segara Wedi).

"Surat resmi dari PVMBG baru kami terima siang tadi, saat ini masih memantau dan menyosialisasikan status siaga Bromo," kata Fariana, Senin (26/9/2016).

Petugas juga telah menutup portal masuk ke lautan pasir dan menghalau wisatawan yang akan menuju lautan pasir. Hari ini, kata Fariana, petugas TNBTS akan berkoordinasi dengan BPBD Probolinggo serta Tim SAR dan instansi Polri dan TNI untuk menindaklanjut naiknya status Bromo menjadi Siaga.

"Besok kami baru mau pasang rambu-rambu larangan seperti waktu Bromo statusnya Siaga lalu," ujarnya.

Ia juga menginformasikan, meski lautan pasir Bromo ditutup, namun wisatawan masih bisa menikmati view Bromo dari atas atau Penanjakan via Wonokitri, Pasuruan, dan Cemorolawang, Probolinggo atau dari puncak B29.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4310 seconds (0.1#10.140)