Meriahkan Iduladha, Milenial Ganjar Gelar Lomba Menganyam Ketupat

Kamis, 29 Juni 2023 - 18:03 WIB
loading...
Meriahkan Iduladha, Milenial Ganjar Gelar Lomba Menganyam Ketupat
Relawan GMC menggelar lomba menganyam ketupat dari janur di Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalbar, Rabu (28/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KETAPANG - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) menggelar lomba menganyam ketupat dari janur di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar). Sudah menjadi tradisi di Kabupaten Ketapang menganyam ketupat sehari sebelum Lebaran.

Sekwil GMC Kalbar Muhlas mengatakan, masyarakat juga melakukan silaturahmi kepada sanak saudara dan tetangga. "Kami berinisiatif membuat lomba ini sekaligus memeriahkan Iduladha," katanya di Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalbar, Rabu (28/6/2023).

Muhlas mengatakan, pihaknya ingin memberdayakan para milenial dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas SDM di desa tersebut "Menganyam ketupat ini belum tentu semua orang bisa. Makanya kami mengadakan perlombaan ini," lanjutnya.

Masyarakat gembira dengan kegiatan yang diadakan GMC ini. "Antusias masyarakat luar biasa. Mereka berbondong-bondong datang mengajak sanak keluarga, bawa suaminya, untuk ikut perlombaan ini," lanjutnya.

Untuk mendukung kegiatan itu, milenial Ganjar tersebut berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Akademi Manajemen Komputer dan Informatika (AMKI) Ketapang serta Karang Taruna Desa Sungai Besar. Dengan kegiatan ini, GMC Kalbar berharap masyarakat di Ketapang dapat mengenal lebih jauh sosok Ganjar Pranowo.

Dia juga berharap capres 2024 ini bisa turun langsung ke Kalbar untuk menyapa masyarakat. "Kami berharap Pak Ganjar bisa datang ke Kalbar. Saya berharap masyarakat bisa mengenal lalu menyosialisasikan Ganjar menjadi Presiden 2024," ujarnya.

Shinta Maulina, perwakilan Karang Taruna Desa Sungai Besar ,mengatakan baru kali ini wilayahnyab disentuh relawan yang membawa manfaat bagi masyarakat. Lomba yang diadakan GMC ini memantik kraativitas kaum milenial di desa tersebut sehingga semakin kompak.

"Sangat antusias sekali, karena belum ada relawan yang turun ke sini jadi setiap ada kegiatan sekecil apa pun mereka menyambut dengan baik. Bahkan sampai ada yang bertanya kapan lagi untuk adakan kegiatan seperti ini," ungkapnya.

Mahasiswi Institut Agama Islam NegerI (IAIN) Pontianak ini berharap GMC terus menebar manfaat ke daerah-daerah di Kalbar. Dia juga mendoakan Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. ”Jika sudah terpilih nanti, mudah-mudahan Ganjar memperhatikan masyarakat pelosok yang belum tersentuh," katanya.

Suryani, peserta lomba mengatakan, kegiatan ini membuat kreativitas milenial dan warga makin meningkat. Selain itu juga mempererat tali silaturahmi antarwarga.

Dia juga mendoakan Ganjar Pranowo dapat menjadi presiden Indonesia pada 2024. Sebab, Indonesia memerlukan sosok pemimpin yang peduli dan dekat dengan rakyatnya.

"Saya berdoa semoga Indonesia lebih baik ke depan. Dapat pemimpin yang peduli dengan rakyat, dekat sekali dengan rakyat," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)